Potensi Kedai Kopi di Parepare yang Menjanjikan

  • Bagikan
Rosdinaman Budi (Praktisi Perbankan)

Oleh : Rosdinaman Budi
(Praktisi Perbankan)

Pembangunan di Kota Parepare tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini pun meniscayakan munculnya industri makanan, termasuk kafe atau kedai kopi, di kota pesisir ini.

Ada banyak faktor yang membuat bertumbuhnya kedai kopi di Parepare. Selain budaya minum kopi sebagai penghilang penat dan hidangan yang pas saat berbincang, kopi secara ekonomi tersedia untuk seluruh lapisan masyarakat. Mulai yang mahal karena brand, atau yang murah ala Warkop. Dan yang terpenting, semua suka dan butuh kopi setiap hari.

Masifnya permintaan kopi inilah yang membuat bisnis ini menjadi laris manis. Apalagi omzetnya per hari. Untuk mendapatkan untung yang besar, tentu dibutuhkan totalitas dengan sajian kopi yang nikmat dan tempat yang nyaman. Selain itu harga terjangkau dan pelayanan yang baik.

Peluang bisnis kafe atau warung kopi tidak saja datang dari kopinya. Tapi juga menu pendampingnya. Sebab peminum kopi akan mencari panganan. Kalau pun bukan penikmat kopi, bisnis ini juga bisa menyajikan produk minuman lainnya seperti Cappuccino, Green Tea, Moka, Milk Shake, Soda, Coke dan lainnya.

Membangun bisnis kafe pun saat ini tidak perlu ruang yang luas. Di Parepare, banyak yang memanfaatkan lahan seluas atau bahkan setengah ruko. Yang terpenting adalah suasana yang nyaman. Plus colokan listrik dan wifi yang menjadi kebutuhan masyarakat dewasa ini.

Tentu saja, ada beberapa kafe di Parepare nampak lebih luas dan elegan. Hal ini juga didorong oleh meningkatnya permintaan akan tempat yang nyaman untuk nongkrong. Meningkatnya popularitas platform media sosial seperti Instagram juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan kedai kopi, karena banyak pelanggan yang berbagi pengalaman dan foto mereka di platform ini, sehingga menarik lebih banyak pelanggan untuk mengunjungi kedai kopi atau warung kopi.

Selain itu, ketersediaan waralaba dan bisnis lokal kecil juga telah berkontribusi terhadap pertumbuhan kedai kopi di Parepare. Secara keseluruhan, meningkatnya jumlah kedai kopi di Parepare mencerminkan perubahan tren dan prilaku warganya yang mencari tempat yang nyaman dan unik untuk bersosialisasi, bekerja, atau menikmati secangkir kopi berkualitas.

Tren ini menunjukkan bahwa budaya minum kopi menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari dan norma-norma sosial di Parepare, yang mencerminkan suasana kota yang dinamis. Selain itu, maraknya kedai kopi juga berdampak positif pada industri logistik di Indonesia.

Industri logistik memainkan peran penting dalam menghubungkan petani kopi dengan kedai kopi dan kafe, memfasilitasi kesempatan kerja, menghasilkan pendapatan nasional, menarik investasi asing, dan meningkatkan kemampuan kompetitif perusahaan. Seiring dengan berkembangnya industri kopi di Parepare dan daerah lain di Indonesia, diharapkan sektor logistik akan mengalami pertumbuhan lebih lanjut.

Namun, penting untuk menyeimbangkan pertumbuhan ini dengan praktik-praktik berkelanjutan yang memprioritaskan kesejahteraan petani kopi dan mendukung perlindungan lingkungan. Industri kopi di Parepare, atau umumnya di Indonesia, mengalami pertumbuhan yang pesat karena meningkatnya popularitas kedai kopi dan kafe. Tren ini sejalan dengan meningkatnya pemasaran pengalaman, yang menekankan pada pemberian pengalaman yang berkesan dan menyenangkan kepada pelanggan.

Kedai kopi di Parepare tidak hanya menyajikan kopi, tetapi juga menawarkan konsep yang unik, desain interior yang menarik, dan berbagai tema yang menarik minat pelanggan dan menciptakan suasana yang hidup. Selain itu, industri kopi di Parepare memberikan manfaat ekonomi karena menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan. (*)

  • Bagikan