Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI Latih Mahasiswa LLDIKTI Wilayah VI

  • Bagikan

KLATEN, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Upacara pembukaan Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa LLDIKTI Wilayah VI Jawa tengah TA 2023 dilaksanakan di Lapangan Upacara Dodiklatpur Rindam IV/ Diponegoro, Klaten Jawa Tengah, Senin 19 Juni 2023.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kabadiklat Kemhan RI Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S Sos didampingi oleh Kabagum LLDIKTI Wilayah VI Jawa tengah. Adapun pelaksanaan diklat mulai Senin 19 Juni 2023 sampai Jumat 23 Juni , diikuti sebanyak 200 orang peserta.

Dalam amanatnya, inspektur upacara menyampaikan bahwa globalisasi dan perkembangan Iptek yang terjadi tidak hanya berdampak memudahkan kehidupan. Namun juga menjadi potensi ancaman terhadap pertahanan dan keamanan yang semakin komplek dan dinamis.

Menghadapi isu global yang menunjukkan eskalasi peningkatan secara signifikan maka sektor pertahanan dan keamanan menjadi suatu keniscayaan untuk diperkuat. Berbagai kemungkinan harus mampu diantisipasi untuk melindungi segenap bangsa, negara dan seluruh warganya.

Sishankamrata merupakan doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara yang dalam implementasinya mengacu pada sistem pertahanan bersifat semesta yang melibatkan seluruh sumber daya nasional untuk pertahanan yang dipersiapakan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu, terarah dan berkelanjutan. Hal ini yang melandasi ditetapkannya UU. No. 23/2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional.

Mencermati hal tersebut, Kementerian Pertahanan melalui Badiklat Kemhan RI dalam hal ini Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan menyelenggarakan Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa di lingkungan LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah 2023 sebagai salah satu bentuk bela negara mahasiswa kepada bangsa dan negara menghadapi ancaman non militer.

Diklat Kader Bela Negara diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Bela Negara bagi mahasiswa yang berkepribadian Pancasila dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi melalui berbagai pengetahuan.

Yakni pengantar bela negara, nilai dasar bela negara, wawasan kebangsaan, sistem pertahanan semesta, sejarah perjuangan bangsa, kepemimpinan berwawasan bela negara, kewaspadaan dini, bahaya narkoba, bahaya radikalisme, Api Semangat Bela Negara (ASBN) serta ketrampilan dasar bela negara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah VI yang diwakili Kabagum, Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia SE, Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Arm. Tejo Widuro, S Sos, M.Si, Wakil Rektor III/Kemahasiswaan UMS Ihwan Susilo, S.E, M.Si, P.hd, Sekretaris DPD Hipakad Jateng Sapto Adi Siswandani, S.E, yang Danrem 074/Warastrama, yang mewakili Dandim 0723/Klaten, Yang mewakili Kapolres Klaten serta para undangan lainnya. (*)

  • Bagikan