Wajib Tahu! 5 Dampak Negatif Terlalu Berlebihan Minum Air Putih

  • Bagikan
Minum air putih berlebihan bisa berdampak negatif bagi tubuh. (Dok. Istimewa)

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Minum air putih adalah kebutuhan manusia. Salah satu manfaat ialah mencegah terjadinya dehidrasi.

Minum air putih juga menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu mengeluarkan racun yang mengarah ke nutrisi secara keseluruhan.

Jumlah air minum yang dibutuhkan manusia untuk menjaga kesehatan bervariasi. Itu tergantung pada tingkat aktivitas fisik, usia, masalah yang berhubungan dengan kesehatan, dan kondisi lingkungan.

Namun, meminum air secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada tubuh kita. Minum air berlebih dari biasanya cenderung meningkatkan volume darah total, dan juga menekan ginjal ketika bekerja lembur untuk menyaring kelebihan air dari sistem peredaran darah.

Hal ini bisa membebani jantung secara berlebihan, meningkatkan iritasi lambung dan menyebabkan keracunan air.

Dikutip laman Ndtv, berikut beberapa efek samping akibat minum air berlebihan.

1. Hiponatremia

Minum air berlebih bisa menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Kondisi kesehatan ini disebut sebagai hiponatremia.Orang dengan kondisi penyakit jantung dan ginjal disebut berisiko lebih tinggi mengalami hiponatremia.

2. Kram Otot

Sebuah studi yang dipublikasikan di BMJ menyatakan bahwa kelebihan asupan air mengencerkan natrium dan elektrolit lain dalam darah, sehingga menurunkan kondisi natrium dalam tubuh.

Kadar natrium yang lebih rendah dalam tubuh selanjutnya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kram otot.

3. Sering Buang Air Kecil

Asupan air yang berlebihan menyebabkan buang air kecil yang berlebihan, artinya ginjal bekerja terus-menerus saat Anda mengonsumsi terlalu banyak air.

Ini semakin membuat tubuh dehidrasi dan menciptakan ketidakseimbangan air. Selain itu, penelitian menunjukkan, sering buang air kecil menambah stres pada ginjal kita.

4. Memengaruhi Hati

Air, yang seringkali mengandung kandungan zat besi yang tinggi, bisa berdampak negatif pada hati.Kita tahu tubuh membutuhkan zat besi untuk mengangkut oksigen dalam darah.

Biasanya kita mendapatkan zat besi dari makanan yang mudah diserap tubuh, tetapi justru sebaliknya dari air.

Tubuh tidak bisa dengan mudah menyerap zat besi dari air, yang selanjutnya memengaruhi kesehatan hati.

5. Diare

Overhidrasi menyebabkan hipokalemia atau penurunan kadar kalium dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan diare dan keringat yang berkepanjangan.

Menurut laporan di situs Klinik Cleveland, hipokalemia sering memengaruhi saluran pencernaan kita secara langsung, yang menyebabkan masalah seperti muntah dan diare.

Itulah beberapa efek samping bila meminum air secara berlebihan. (*)

  • Bagikan