IAS Sebut Akar Cerdas Jual Soppeng Lewat Budaya

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Festival Budaya Gau Maraja La Patau dibuka dengan pertunjukan kolosal seni yang begitu wah, di Lapangan Gasis, Soppeng, Sabtu malam, 16 Juli 2023.

Mantan Wali Kota Makassar 2004-2014, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS), menegaskan Andi Kaswadi Razak (Akar) salah satu kepala daerah di Sulsel yang lihai menjual daerah lewat kekayaan budayanya.

"Sulsel ini memang kaya budaya dan ada istiadat. Salah satunya, nilai moral positif dari para bangsawan yang mencatat tinta sejarah perjuangan seperti yang dilakukan oleh La Patau Matannatikka. Even ini melestarikan nilai-nilai itu tanpa menafikan perubahan sosial kekinian," ujar IAS di sela-sela pembukaan Festival Budaya Gau Maraja La Patau.

Festival yang diselenggarakan 15 sampai 18 Juli 2023 itu menampilkan berbagai pementasan seni budaya, lomba permainan rakyat, kirab budaya, pameran kuliner tradisional, pameran benda pusaka, serta seminar internasional.

Di pagi hari, Ahad, 16 Juli 2023, IAS bersama putera Andi Kaswadi Razak, Andi Muhammad Farid Kaswadi, serta salah satu keturunan La Patau, Andi Promal Pawi mengelilingi lokasi pameran benda pusaka di samping Rujab Bupati Soppeng.

Tidak kurang dari 500 bilah benda pusaka dipamerkan. Berjejer dalam etalase.

Salah satu rangkaian acara yang menarik adalah seminar internasional yang melibatkan peserta dari luar negeri, seperti Belanda, Jepang, Australia, Malaysia, Brunei Darussalam, Inggris, Singapura, dan Filipina.

Sementara, Bupati Soppeng, A. Kaswadi Razak menegaskan pemerintah dengan lapang dada menyambut para tamu festival.

“La Patau adalah sosok pemimpin yang jujur dan tegas, beliau adalah penganut Islam yang taat. Dirinya berharap wija atau anak cucu La Patau dapat meneladani sosok kharismatiknya,” ujar Kaswadi. (*)

  • Bagikan