Jurusan DKV SMKN 1 Parepare Menjanjikan Lulusan Jadi Wirausaha

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Mungkin banyak yang belum tahu bahwa salah satu jurusan di SMK Negeri 1 Parepare, sangat menjanjikan bagi lulusannya untuk berwirausaha.

Jurusan Desain Komunikasi dan Visual (DKV) di SMKN 1 Parepare. Di sini siswa mendapat pembelajaran Teaching Factory atau pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

"SMKN 1 Parepare adalah salah satu SMK pusat keunggulan. Jurusan DKV adalah pengembangan pengembangan dari jurusan TKJ. Di sini sudah ada teaching factory," ungkap Kepala UPT SMKN 1 Parepare, Mushiruddin, Kamis 27 Juli 2023.

Di sini siswa seperti bekerja di percetakan baliho, spanduk, hingga desain web, dan sejenisnya.

"Pembelajaran berbasis industri. Siswa langsung menyesuaikan keadaan industri kalau selesai di sini. Kami ada alat cetaknya," sebut Mushiruddin. 

Meski baru menjabat selama 1,5 bulan sebagai Kepsek, Mushiruddin merencanakan melakukan pengembangan untuk jurusan DKV.

"Ini mau dikembangkan. Ada nanti foto studio," ucapnya.

Ia menyimpulkan, selain belajar secara teori, alat percetakan yang disediakan pun menjadi bahan praktek bagi mereka.

"Sangat cocok terjun di dunia usaha nantinya," ujarnya.

"Karena SMKN 1 Parepare tahun ini mencanangkan supaya siswanya tidak banyak melanjutkan (pendidikan), tapi banyak bekerja dan membuka usaha sendiri," tandas Mushiruddin. (Nan)

  • Bagikan