KM Dharma Kartika IX Gantikan Rute KM Kirana Parepare-Balikpapan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kapal Motor (KM) Dharma Kartika IX resmi beroperasi menggantikan KM Kirana dalam rute pelayaran Parepare - Balikpapan.

Hal itu ditandai dengan kegiatan syukuran yang digelar PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Parepare di atas kapal Dharma Kartika IX, diawali doa dan yasinan dari anak-anak panti asuhan, dan dihadiri perwakilan KSOP, Pelindo, mitra agen dan ekspedisi.

Manager PT DLU Cabang Parepare, Wawan mengatakan, KM Kirana terakhir beroperasi pada hari Jumat, 21 Juli 2023, sedangkan kapal penggantinya KM Dharma Kartika IX mulai beroperasi pada Senin, 24 Juli 2023 (hari ini) yang sandar di Pelabuhan Nusantara Parepare.

"Untuk rutenya masih sama yakni Parepare - Balikpapan, dan rencana jadwal keberangkatan setiap hari Rabu dan Sabtu. Dari segi ukuran dan kapasitas tentu kapal baru (KM Dharma Kartika IX) ini lebih besar untuk angkutan logistik dan lebih cepat dengan waktu tempuh hanya 15-16 jam," ujarnya.

Menurut Wawan, KM Dharma Kartika IX adalah kapal dengan spesifikasi panjang 145 meter dan lebar 19 meter, dengan kapasitas penumpang 600 jiwa, sehingga mengurangi risiko di atas kapal.

"Hadirnya KM Dharma Kartika IX menggantikan KM Kirana tentunya menjawab keinginan masyarakat khususnya mitra agen dan ekspedisi untuk memberikan penambahan kepastian muat angkutan logistik ke Kalimantan Timur," ungkapnya.

Sementara, Kasi Lala KSOP, Nirwan memuji pelayanan transportasi laut dari kapal-kapal milik PT DLU yang dinilai sudah maksimal. "Saya hanya menitip pesan agar kehadiran KM Dharma Kartika IX ini pelayanan terhadap penumpang lebih ditingkatkan, begitupun kebersihan dan keselamatan juga harus diutamakan," tandasnya. (*)

  • Bagikan