Lengkapi 6 Perlengkapan Wajib untuk Sekolah Si Buah Hati, Ada Apa Aja, Ya?

  • Bagikan
Ilustrasi tahun ajaran baru

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Ketika buah hati sudah memasuki masa sekolah, maka kita sebagai orang tua perlu melengkapi banyak hal yang berkaitan dengan pendidikan mereka. Apalagi jika sudah semakin dekat tahun ajaran baru, semakin terasa pula euforia pembelian perlengkapan sekolah. 

Agar tidak kehabisan stok, alangkah baiknya membuat list apa saja yang hendak dibeli untuk si buah hati. Biar lebih mudah, berikut 6 perlengkapan sekolah yang perlu disiapkan, cocok untuk anak SD hingga kelas SMA.

  1. Sepatu

Sepatu sudah pasti menjadi salah satu atribut dari perlengkapan sekolah. Anda bisa menyiapkan sepatu untuk si buah hati apabila sepatu yang dipakai sudah rusak dan tak nyaman lagi untuk dipakai. Pada umumnya, beberapa sekolah menerapkan aturan warna tertentu pada sepatu murid mereka, namun ada juga yang sebaliknya. Tips membeli sepatu ada banyak, salah satunya adalah membeli ukuran yang sedikit longgar untuk putra atau putri Anda.

Dikarenakan, putra dan putri Anda masih dalam masa perkembangan, yang mana tidak menutup kemungkinan ukuran kaki mereka akan semakin bertambah. Daripada harus membeli sepatu baru 6 bulan sekali, Anda bisa menginisiasikannya dengan srategi tersebut. Pilih juga merek sepatu yang nyaman untuk digunakan, misalnya converse Indonesia. Merek ini memang sudah banyak diketahui orang dan mendapatkan kepercayaan banyak orang akan kualitas dan kenyamanannya, jadi Anda pun tak perlu khawatir lagi.

  1. Baju Seragam

Membicarakan perkembangan anak. Tidak hanya terletak di ukuran kaki, perkembangan Anda juga bisa terlihat dari postur dan berat badan. Bisa saja seiring bertambahnya umur, si buah hati sudah bertambah tingginya, sehingga menjadikan baju tersebut gantung untuk digunakan. Atau bisa juga, bertambah berat badannya yang menghasilkan baju tidak muat lagi untuk digunakan.

Selain adanya faktornya perkembangan, pergantian baju seragam pun juga bisa dikarenakan faktor sudah tidak layak pakai baju seragam tersebut. Tak mengherankan jika anak-anak memiliki gerak ruang yang lebih aktif daripada dewasa, mulai dari bermain di tanah, pasir, dan arena lainnya yang memungkin baju seragam bisa rusak. Maka dari itu, baju seragam bisa menjadi salah satu hal yang harus Anda sediakan budgetnya jika hendak memasuki ajar tahun baru sekolah.

  1. Alat Tulis

Sudah bukan hal yang mengherankan apabila anak sekolah membutuhkan alat tulis sebagai perlengkapan sekolah mereka. Dan biasanya, alat tulis yang dibutuhkan justru lebih beragam dibandingkan para dewasa. Mereka terkadang menginginkan tempat pensil yang bagus, buku bersampul, penghapus dengan bentuk atau karakter lucu dan sebagainya. Nah, selain memikirkan kemauan anak yang beragam, sebagai orang tua, Anda juga perlu melihat kira-kira alat tulis apa yang memang perlu diperbarui dan mana yang tidak. Biasanya, buku tulis menjadi perlengkapan sekolah yang sering diganti. Alasannya karena naik kelas atau lembaran buku sudah habis.

  1. Buku pelajaran

Barang yang satu ini kerap menjadi barang yang hampir dilupakan oleh banyak orang tua. Padahal buku pelajaran menjadi salah satu pengeluaran pasti oleh orang tua setiap tahunnya, karena buku pelajaran akan tergantikan apabila anak naik kelas. Yang dulunya kelas 5 dan akan naik kelas ke 6 SD, maka harus membeli buku pelajaran anak kelas 6 SD yang sudah dipaketkan oleh pihak sekolah. Kalau mau menghemat, Anda bisa membeli buku di luar paket yang ditawarkan pihak sekolah, seperti di toko-toko buku.

  1. Tas

Kemudian ada tas. Fungsinya tas menampung perlengkapan alat tulis dan buku-buku pelajaran. Dalam pemilihan tas, Anda perlu memperhatikan berat dan ukuran dari buah hati Anda. Jika badan mereka terbilang kecil, ada baiknya membelikan tas dengan roda dorong di bawahnya, jadi si anak tidak perlu repot-repot menggendong tas yang bebannya tidak seimbang dengan diri mereka. Karena pada dasarnya, baik anak kecil maupun dewasa, tidak banyak untuk membawa beban yang berat setiap hari pada punggung ataupun lengan. Ini akan berpengaruh pada postur tubuh Anda nantinya. Mengingat hal tersebut, bijak bagi Anda untuk membantu anak dalam mengatur isi tas dan pemilihan tas yang tepat, apalagi anak akan setiap hari membawa perlengkapan sekolah mereka. Jika di dalam kelas terdapat loker, maka Anda bisa menyarankan si buah hati untuk menitipkan beberapa buku mata pelajaran mereka di loker tersebut.

  1. Tempat Bekal dan Minum

Tidak semua sekolah menyediakan fasilitas catering pada murid mereka. Jika pun ada, mungkin catering tersebut berasal dari pihak luar sekolah. Namun, sebagai orang tua, ingin selalu mengawasi makanan dan minuman dari si buah hati agar tetap terjaga kualitas dan kebersihannya. Jadi, emang tak heran kalau banyak juga orang tua yang lebih memilih membuat makanannya sendiri dan dibekalkan kepada keluarga, dibandingkan pesan catering. Nah, nantinya tempat bekal dan minum inilah yang akan digunakan Anda untuk menjadi wadah makanan nantinya. Pilih tempat bekal dengan sekat yang banyak agar makanan si buah hati bisa banyak variasinya, mulai dari nasi, lauk, hingga buah atau dessert.

Itu dia hal-hal yang perlu dilengkapi ketika sudah mendekati tahun ajaran baru. Jika Anda adalah tipe orang tua yang gak mau ribet, maka bisa membelinya lewat online saja, seperti di Blibli! Tinggal pesan dan tunggu paket sampai di tempat. (adv)

  • Bagikan