Tingkatkan Kemampuan Kompetensi Manajerial Kepsek di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare bersama Penerbit Buku Erlangga menggelar workshop peningkatan kemampuan kompetensi manajerial kepala sekolah (kepsek) tingkat SD dan SMP. Tujuannya, agar pendidikan berkarakter sesuai profil Pancasila, di Balai Ainun BJ Habibie, Sabtu 15 Juli 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Kota Parepare, HM Makmur Husain mengatakan, ada lima kompetensi kepala sekolah yang perlu diketahui. Di antaranya, kompentensi sosial, kepribadian, manajerial, kewirausahaan, dan kompetensi supervisi. Untuk kompentensi sosial dan kepribadian, sudah dipahami kepala sekolah saat menjadi guru.

"Kita ketahui bersama kemampuan kompentensi kepala sekolah yang harus ditingkatkan itu ada lima. Di mana dua didalamnya sudah terbawah kepala sekolah saat menjadi guru, yaitu kompentensi sosial dan kepribadian," katanya.

Menurutnya, untuk kompetensi manajerial, kewirausahaan, dan kompetensi supervisi ini juga perlu dipelajari kepala sekolah. Karena itu, Disdikbud bersama dengan Penerbit Buku Erlangga menggelar workhsop kompetensi manajerial kepada kepala sekolah.

"Melalui kompetensi manajerial kepada kepala sekolah ini, bagiamana kepala sekolah dapat mengatur guru-gurunya, mengatur anggaran, membuat program, memberikan tanggung jawab di sekolah dan sebagainya," jelasnya.

Dia menjelaskan, ke depannya pihaknya juga akan menggelar workshop kompentensi kewirausahaan, dan kompetensi supervisi. Ini dilakukan, kata dia, karena kepala sekolah mempunyai peran penting dalam memajukan sekolahnya.

"Kita bisa lihat bersama bagaiamana sekolah-sekolah yang dulunya bagus, ketika berganti kepala sekolahnya, ada-ada saja perubahan yang terjadi. Begitu pula dengan sekolah yang biasa-biasa saja, diberikan kepala sekolah yang punya kemampuan hebat maka dengan waktu yang tidak begitu lama sekolah tersebut berkembang," ucapnya.

Tak hanya itu, Makmur Husain turut mengapresiasi Penerbit Buku Erlangga karena menggelar kegiatan ini.

"Kita berharap kerja sama ini, bisa berlanjut terkhusus bisa dipelihara sehingga kita bisa memajukan pendidikan di Parepare bersama Penerbit Buku Erlangga," tandasnya. (has)

  • Bagikan