Anggota DPRD Hermanto Inisiasi Pesta Rakyat Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI

  • Bagikan
Anggota DPRD Kota Parepare, H Hermanto didampingi istri, Hj Sri Tanty saat membuka pesta rakyat dalam rangka menyemarakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Kegiatan itu, dipusatkan di samping kediamannya di Jalan Lanumang, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 10-12 Agustus 2023.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Berbagai kalangan masyarakat antusias menggelar berbagai kegiatan lomba dalam rangka menyemarakan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, tahun 2023 ini.

Salah satunya anggota DPRD Kota Parepare, H Hermanto yang turut berpartisipasi merayakan kemeriahkan Hari Kemerdekaan RI dengan menginisiasi pesta rakyat dengan berbagai perlombaan tradisional.

Pesertanya tidak hanya remaja dan orang dewasa. Namun, juga anak-anak yang begitu antusiasi dan semangat mengikuti perlombaan. Salah satunya, lomba lari kelereng yang berlangsung di samping kediaman Hermanto, di Jalan Lanumang, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kamis sore, 10 Agustus 2023.

Sebelum menggelar perlombaan, Hermanto terlebih dahulu mengajak para peserta dan penonton untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kompak dengan semangat melantunkan lagi Indonesia Raya.

Terpatri semangat nasionalisma para anak-anak dan warga sekitar menyanyikan Indonesia Raya yang dipandu oleh para panitia lomba yang didominasi emak-emak. Kegiatan tersebut mendapat perhatian positif dari warga. Hal ini terlihat saat warga berbondong-bondong menuju lokasi kegiatan untuk menyaksikan secara langsung kemeriahannya.

Adapun perlombaan yang digelar ini untuk anak-anak, adalah lomba lari kelereng, balap karung, makan kerupuk, memasukan jarum dalam botol. Lalu, untuk dewasa adalah, lomba menyanyi, makan kerupuk, dan lomba joget memperebutkan kursi.

"Setiap tahun kita melakukan kegiatan lomba atau 17-an di tempat ini. Dan ini sudah memasuki tahun kedua," kata Hermanto yang juga Sekretaris Komisi III DPRD Kota Parepare ini.

Dia mengatakan, pada perlombaan kali ini, masyarakat sangat antusias, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa, untuk mendaftar sebagai peserta. Itu bisa dilihat jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam berbagai lomba. Menurutnya, kegiatan ini akan digelar selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 10-12 Agustus 2023.

"Di hari pertama, ada ratusan peserta yang mengikuti lomba lari kelereng. Bahkan lomba lari kelereng ini, kita gelar sore hingga malam hari. Ini membuktikan, masyarakat sangat antusias," jelas legislator Hanura Parepare ini.

Dia menjelaskan, program ini merupakan wujud, dan bentuk apresiasinya kepada masyarakat sekitar. Termasuk menumbuhkan semangat nasionalisme masyarakat sekitar. Terlebih, mendorong dan membangikitkan jiwa nasionalisme anak sejak dini melalui lomba.

"Tadi sebelum panitia memulai lomba lari kelereng, para peserta yang rata-rata anak-anak. Termasuk penonton kita bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ini, kita lakukan untuk mengedukasi kepada anak sejak dini terkait jiwa nasionalisme. Apalagi, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyemarakan Hari Kemerdekaan RI yang diperingati pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya," ujarnya.

Dia pun berharap, semangat kemerdekaan ini agar terus terjaga selamanya. "Selain menumbuhkan semangat nasionalisme, ajang ini juga dalam rangka mempererat silaturahmi antar warga di Kecamatan Ujung," harapnya.

Di akhir sambutan, Hermanto pun meminta para peserta untuk mengedepankan spotivitas dalam berlomba. "Kita melihat bukan dari siapa yang hebat dan menjadi pemenangnya. Tetapi kami ingin memaknai momentum kemeriahan Hari Kemerdekaan RI di wilayah kita," jelasnya.

Perayaan tersebut tampak disambut meriah oleh warga. Salah satunya, adalah Yusril mengaku pesta rakyat dalam rangka semarak Hari Kemerdekaan RI sudah dinanti-nantikan. "Ini momen yang sudah kami tunggu-tunggu. Masyarakat juga antusias menyemarakkan perhelatan ini dan menjadi panggung hiburan banyak orang di sini," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan