Di Hadapan Ratusan Maba Agribisnis, IAS Ingatkan Soal Ini

  • Bagikan

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengingatkan pentingnya manajemen waktu dalam menjalani masa kuliah di perguruan tinggi.

Salah satu kunci utama dalam manajemen waktu adalah kemampuan mengendalikan diri terhadap hal-hal yang membuang-buang waktu.

"Siapapun orang-orang hebat yang Ananda kenal saat ini, pasti orang-orang yang matang dalam mengelola waktunya. Pasti punya disiplin memanfaatkan waktu," kata mantan Wali Kota Makassar dua periode itu di hadapan 200-an mahasiswa baru angkatan 2023, Jurusan Agribisnis Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, di Aula Prof Dr Hardjoeno, Unhas, Rabu, 16 Agustus 2023.

"Mereka yang bisa menjadi orang sukses saat ini itu karena paham bahwa waktu adalah modal. Investasi. Bagaimana Anda mengisi waktu hari ini adalah gambaran kehidupan anda di masa yang akan datang," sambung kandidat bakal Calon Gubernur Sulsel 2024 mendatang yang dikenal dengan tagline GubernurKu itu.

Semua orang mendapat jatah waktu yang sama, 24 jam dalam sehari. Lalu, mengapa ada yang bisa menghasilkan ratusan juta rupiah per jam, dan ada yang lebih sedikit?

"Semua itu karena kemampuan mereka mengisi waktunya di masa lampau. Jadi, ingat baik-baik untuk tidak banyak menyia-nyiakan waktu selama menjalani masa studi," tegas IAS.

Tips lain yang IAS sampaikan kepada peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) Jurusan Agribisnis Departemen Sosek Faperta, Unhas, itu adalah mawas diri dengan teman duduk, atau teman bergaul.

"Pilih teman duduk atau teman bergaul yang bisa mengajakmu lebih maju. Jika mau tahu bagaimana kehidupan ananda 5 hingga 10 tahun mendatang, lihatlah dengan siapa kamu duduk dan bergaul hari ini," tegas IAS. (*)

  • Bagikan