Fitrah-Kurnia Juara 1  Duta Lingkungan Hidup Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Grand final Pemilihan Duta Lingkungan Kota Parepare berakhir, Sabtu 12 Agustus di Kebun Raya Jompie. Tampil sebagai juara 1 Duta Lingkungan untuk putra, Fitrah Aulia Ramadhan dari Madrasah Aliah Negeri 2 Parepare, runner up 1 Agung Ramadhan Pawallungi (Unhas), runner up 2 Muhammad Wiryudha (SMK 2 Parepare).

Sementara untuk putri juara 1 diraih Kurnia Tri Wulandari dari IAIN, runner up 1, Bhintang Maharani (Unhas) dan runner up 2 Sri Husna Yusuf (Poltekkes Kemenkes Makassar).

Para finalis Duta Lingkungan Hidup terpilih setelah melalui seleksi dan tes kemampuan, penguasaan materi tentang lingkungan hidup. Termasuk menjawab pertanyaan dari dewan juri. Mulai dari 15 peserta sampai pemilihan lima besar  peserta hingga terpilih peserta yang lolos tiga besar.

Final Duta lingkungan dihadiri Ketua PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan Pawe, Kadis Ketahanan Pangan, Muhammad Nur, Kapolsek Soreang AKP Muh Amin dan undangan lainnya.

Erna Taufan Pawe dalam sambutannya berharap Duta Lingkungan Hidup membekali diri dengan literasi sebagai pondasi kepedulian dalam pelestarian lingkungan hidup.

“Menjadi kewajiban kita untuk melestarikan lingkungan hidup. Tadi saya mendengar slogan, salam lestari tetap lestari dengan simbol L. Simbol ini sama dengan literasi karena memang hakikatnya melestarikan alam karena litetasi. Kita tidak mungkin tahu bagaimana menjaga alam dan lingkungan tanpa melalui proses literasi, termasuk literasi Al-Qur'an yang banyak berpesan kepada kita untuk tidak melakukan kerusakan di bumi,” kata Erna di Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup.

Sementara Kepala UPTD Kebun Raya Jompie, Sri Meriani SH mengatakan, Duta Lingkungan Hidup sebagai putra putri terbaik pilihan Parepare. Untuk itu, dia mengimbau siapa pun yang terpilih untuk tetap menjalankan program kepedulian terhadap lingkungan.

"Siapa pun yang terpilih, yang terpenting bagaimana kerja nyata dalam memelihara lingkungan hidup di sekitar kita," kata Sri yang juga salah satu dewan juri.

Duta Lingkungan Hidup Parepare 2023 terselenggara atas kerja sama Pemkot Parepare, UPTD Kebun Raya Jompie, dan Ikatan Duta Lingkungan Hidup, berlangsung mulai Juli sampai Agustus.

Pada kesempatan itu juga Erna Rasyid Taufan Pawe diberikan penghargaan sebagai bunda lingkungan hidup dari Ikatan Duta Lingkungan Hidup. Juara 1 Duta lingkungan hidup akan mewakili Kota Parepare dalam pemilihan duta lingkungan tingkat Provinsi Sulsel. (*)

  • Bagikan