Ini Syarat Bupati Mau Support Pandawa Pattingalloang Pangkep

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Tokoh Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) berharap agar lahirnya sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) bisa menjadi faktor pererat persatuan. Tidak sebaliknya, menjadi faktor lahirnya konflik di tengah masyarakat.

Hal ini diutarakan wali kota Makassar 2004-2014 itu saat memberi sambutan pada Pelantikan DPC Pandawa Pattingalloang Kab Pangkep, di Alun-alun Kota Pangkajene, Jumat, 25 Agustus 2023.

"Tidak elok rasanya jika kita yang sudah dilindungi konstitusi atau undang-undang untuk bersyarikat dan berkumpul, lalu ternyata tidak menjadi faktor pemersatu sosial di satu wilayah. Malah sebaliknya," terang IAS yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina/Penasihat Pandawa Pattingalloang itu.

Biasanya, sambung sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu, konflik antarormas itu terjadi ketika satu dengan lain tidak bisa mengendalikan diri.

"Organisasi memang memiliki perjuangan dan kepentingan yang berbeda. Tapi ketika sudah mengancam persatuan dan perdamaian, Pancasila punya solusinya. Musyawarah dan duduk bersama. Saya berharap, Pandawa Pattingalloang Pangkep bisa menjadi percontohan soal mengedepankan perdamaian itu," terang kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024 yang dikenal dengan tagline GubernurKu itu.

Bupati Pangkep, H Yusran Lalogau, meminta Pandawa Pattingalloang bisa memperbanyak aksi-aksi sosial di tengah masyarakat. Bahkan, bupati termuda di Sulsel itu menantang Pandawa mau turun bareng jika ada bencana.

"Sepanjang Pandawa ingin memberi andil menebar kebaikan di tengah masyarakat Pangkep, yakin dan percayalah pemerintah Pangkep pasti siap men-support sepenuhnya," tegas Yusran.

Pelantikan DPC Pandawa Pattingalloang Pangkep begitu meriah dan bertabur tokoh. Sejumlah ormas lain ikut hadir menyatakan suka cita. Mantan Bupati Pangkep yang juga selaku Dewan Pembina Pandawa Pattingalloang Pangkep, H Syamsuddin Hamid juga ikut berbaur.

Syamsuddin dan IAS adalah dua politisi yang punya perjalanan persahabatan panjang. Keduanya berteman karib saat sama-sama memimpin Golkar.

"Tapi terkait Pandawa ini, insya Allah tidak ada hubungan dengan urusan politik," ujar caleg DPR RI Dapil Sulsel 2 ini.

Ketua DPC Pandawa Pattingalloang Pangkep, H Kallang Ambo Dalle bersama jajaran pengurus dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum DPP Pandawa Pattingalloang, Andi Muh Jamil. Disaksikan para Ketua dan pengurus DPC Makassar serta Kab Gowa. (*)

  • Bagikan