Pemkot Parepare Intens Gelar Pasar Murah

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar pasar murah Car Free Day dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan harga tujuh bahan pokok.

Adapun kebutuhan bahan pokok yang disediakan, di antaranya, beras, daging ayam segar, telur, bawang merah, gula pasir, terigu, minyak goreng dan beberapa perlengkapan kebutuhan rumah tangga lainya di lokasi Car Free Day yang berlangsung di Alun-alun kota Lapangan Andi Makkasau, Jalan Karaeng Burane, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare setiap hari Minggu.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setdako Parepare, Rudi Muradi yang dihubungi Selasa, 1 Agustus 2023, mengatakan pasar murah car free day ini merupakan upaya TPID dalam rangka mengendalikan inflasi di Parepare.

TPID ini tergabung beberapa instansi di lingkup Pemkot Parepare, di antaranya Bagian Ekonomi, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP), dan Dinas Ketahanan Pangan.

"Meskipun secara statistik inflasi di Parepare sangat terkendali. Di mana pada Juni 2023 inflasi kita secara month to month itu 0,03 persen. Ini sangat bagus dan terkendali," katanya.

Dia menjelaskan, namun Pemkot Parepare terus mengupayakan agar kebutuhan pokok bisa tetap dinikmati oleh masyarakat dengan harga yang terjangkau dengan kembali menggelar pasar murah.

Menurutnya, pasar murah car free day ini juga menggandeng forum Bulog, Alfamart, Dinas Perhubungan dan pihak distributor lainya untuk menyediakan tujuh bahan pokok.

"Ada beberapa komoditi yang dijual pada kegiatan pasar murah car free day ini dengan bekerjasama forum Bulog, Alfamart dan pihak distributor lainya. Di antaranya, beras, daging ayam segar, telur, bawang merah, gula pasir, terigu, minyak goreng premium dan beberapa perlengkapan kebutuhan rumah tangga lainya," jelasnya.

"Kehadiran pasar murah car free day ini merupakan kegiatan yang telah berlangsung sejak 2022 lalu, dan kita kembali melaksanakan guna memberikan semacam insentif untuk meringankan beban masyarakat. Ini upaya Pemkot Parepare untuk terus menjaga inflasi. Meskipun, inflasi kita sangat terkendali," sambungnya.

Dia menambahkan, TPID ke depannya, akan kembali menggelar pasar murah dalam rangka menyambut 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Indonesia. "Insya Allah kita akan rutin menggelar pasar murah car free day. Kali ini, akan dikemas dengan konsep pasar murah merdeka menghadapi 17 Agustus sebagai bagian dari Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan