Raih Penghargaan, Erna Rasyid Taufan Dinobatkan Tokoh Penggerak dan Peduli Pelestarian Bahasa Daerah

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Perkumpulan Pendidik Bahasa Daerah Indonesia (PPBDI) menobatkan Erna Rasyid Taufan sebagai tokoh penggerak dan peduli pelestarian bahasa daerah.

Ketua Tim Penggerak Kota Parepare itu pun menerima penghargaan berupa plakat dan piagam di sela-sela Diseminasi Pemodelan Revitalisasi Bahasa Daerah, yang dirangkaikan dengan pelantikan PPBDI Kota Parepare periode 2023-2028, di Balai Ainun pada Sabtu,5 Agustus 2023.

Turut hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare, HM Makmur Husain, dan Kepala Bidang Kebudayaan, Ninik Harisany.

Ketua PPBDI Kota Parepare, Halija mengatakan, penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi dan ucapan terima kasih para Guru Bahasa Derah yang ada di Kota Parepare, atas kepedulian dan komitmen Erna Rasyid Taufan dalam pelestarian bahasa daerah.

"Kami banyak melihat track record beliau (Erna Rasyid Taufan) yang sangat inspiratif dalam menggerakkan pengurus, kader PKK hingga masyarakat dalam pelestarian bahasa daerah. Baru-baru ini kami ikuti kegiatan beliau menginisiasi lomba berbalas pantun bahasa Bugis yang diikuti pengurus, kader, hingga ibu rumah tangga," ungkapnya.

Apresiasi sama juga disampaikan Ketua KKG Bahasa Daerah SD, Sudirman Manda.

"Ini adalah bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih teman-teman Guru Bahasa Daerah atas konsistensi dan komitmen Ibu Wali dalam melestarikan bahasa daerah di Kota Parepare," beber Sudirman Manda yang juga Kepala SDN 47 Parepare ini.

Plt Kepala Disdikbud Kota Parepare, HM Makmur Husain berharap para Guru Bahasa Daerah dapat menjadi perpanjangan tangan dalam memaksimalkan pengaplikasian Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan Pendidikan tentang berbahasa daerah sehari dalam sepekan di sekolah. "Ini sudah ada edaran dari Bapak Wali Kota sebagai upaya pelestarian bahasa daerah," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan