Rencana 12-13 Agustus, Lomba Segitiga Sandeq Race Digelar

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Masyarakat yang menantikan jadwal penyelenggaraan Festival Teluk Mandar Lomba Segitiga Perahu Layar Sandeq Race 2023 kini mulai nyata.

Pernyataan ini, dipaparkan Muhammad Ikhsan yang saat ini sebagai Plt Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Majene.

"Terdapat 15 peserta yang akan berlaga pada Festival Lomba Segitiga Sandeq Race 2023, dengan rincian 5 peserta dari Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan 10 peserta dari Kabupaten Majene," terang Muhammad Ikhsan, kemarin.

Jadwal festival lomba segitiga perahu bercadik itu, lanjutnya, akan dihelat di pesisir Pantai Anjungan Binanga Kelurahan Labuang pada tanggal 12 atau 13 Agustus, yang rencananya dilepas Bupati Majene Andi Achmad Syukri.

"Lomba perahu sandeq menjadi program tahunan pemerintah daerah untuk melestarikan budaya sebagai perahu tradisional khas Suku Mandar yang hanya mengandalkan layar tanpa mesin yang sejak dulu digunakan untuk melaut," urainya.

Selain penyelenggaraan Festival Teluk Mandar, juga akan digelar kegiatan student perahu sandeq bagi anak-anak sekolah, untuk belajar tentang perahu sandeq serta sejumlah kegiatan lainnya.

“Jadi penganggarannya nanti, akan sharing APBD dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ulasnya.

Dijelaskan, nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam perahu layar sandeq akan sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Perahu Sandeq itu, sebuah kearifan lokal, budaya lokal, dan warisan luhur di Tanah Mandar,” jelasnya. (edy)

  • Bagikan