Stadion Gelora BJ Habibie Parepare Bakal Direnovasi

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Kota Parepare menjadi salah Stadion dari 20 Stadion di Indonesia yang akan renovasi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kementerian PUPR pun menurun tim Direktorat Prasarana Strategis lengkap dengan konsultan perencana untuk melakukan survei, sekaligus peninjauan di Stadion Gelora BJ Habibie. Tak hanya itu, tim Direktorat Prasarana Strategis Kementerian PUPR juga didampingi tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalukan peninjauan selama dua hari, Kamis-Jumat, 3-4 Agustus 2023.

Stadion GBH Parepare yang kini jadi markas PSM Makassar selama kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

Ketua Tim Direktorat Prasrana Strategis Kementerian PUPR, Anita Listyarini usai meninjau stadion mengatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan dan survei selama dua hari di Stadion Gelora BJ Habibie.

"Kami sudah dua hari meninjau stadion. Jadi kebetulan pas lagi stadion digunakan pertandingan antara PSM berhadapan Persik Kediri, sehingga kami bisa mengamati antusiasme penonton itu seperti apa, dan melakukan evaluasi kondisi yang ada," katanya.

Ia pun menjelaskan, selain antusias penonton, juga melihat kenyamanan, kebersihan yang harus menunjang di setiap stadion itu. "Aspek-aspek ini perlu ditunjang oleh kenyamanan dan kebersihan stadion," katanya.

Ia mengungkapkan, Kementrian PUPR sendiri akan melakukan renovasi 20 stadion yang ada di Indonesia. Termasuk Stadion Gelora BJ Habibie yang menjadi markas PSM Makasaar, masuk dalam daftar stadion di Indonesia yang akan direnovasi.

"Stadion Gelora BJ Habibie yang ada di Parepare ini, merupakan satu-satunya stadion di Sulsel yang ditunjuk. Sehingga kunjungan kita ini selain melihat fungsi stadion juga kita mau analisis secara mendetail kebutuhan yang mendesak dan tidak mendesak," jelasnya.

Ia juga menyebutkan, peninjauan dan evaluasi stadion dilakukan secara menyeluruh. "Kita juga mengevaluasi secara menyeluruh kemananan dari sisi struktur bangunan. Listrik juga yang tentunya menunjang perangkat untuk peninjauan keamanan tadi," bebernya.

Ia menambahkan, hasil peninjauan dan evaluasi Stadion Gelora BJ Habibie akan disusun perencanaan secara utuh dan penanganannya seperti apa dalam rencana renovasi nantinya.

"Namun pelaksanaannya kita lihat saja nanti seperti apa, termasuk anggarannya akan turun sebanyak berapa. Intinya peninjauan ini, mengevaluasi aspek safeti dan security," tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan