Taufan Pawe Presentasi Verifikasi Lanjutan Penyelenggaraan Kota Sehat

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe melakukan presentasi Verifikasi lanjutan terkait Penyelenggaraan Kota Sehat 2021-2022 tingkat nasional secara virtual, Rabu, 9 Agustus 2023.

Taufan yang tengah dalam kegiatan dinas di Kabupaten Wajo, menyempatkan presentasi di hadapan tim verifikator pusat yang terdiri dari lintas kementerian dan lembaga secara virtual.

Sementara jajaran terkait Pemerintah Kota Parepare, Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Forum Kota Sehat Parepare, dan para stakeholder mengikuti presentasi dari Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare.

Taufan mengulas secara komprehensif kerja-kerja terintegrasi dan kolaborasi lintas SKPD Parepare bersama instansi vertikal dan stakeholder dalam penyelenggaraan Kota Sehat.

Taufan mengungkapkan, Parepare terbukti sukses dengan diraihnya pengargaan Kota Sehat tertinggi yakni Swasti Saba Wistara empat kali berturut-turut. Parepare, kata dia, tetap optimis mempertahankan Wistara kelima kalinya.

Optimisme itu beralasan, karena 9 tatanan penyelenggaraan Kota Sehat berdasarkan verifikasi mandiri telah melewati ambang batas minimal untuk kategori Wistara. Itu semakin menguat dengan presentasi oleh Wali Kota Taufan Pawe.

Taufan dalam ulasannya mengungkapkan, pembangunan Parepare terinspirasi dari Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang merupakan putra kelahiran Parepare. Kisah cinta sejatinya dengan sang istri Hasri Ainun Habibie, membuat Parepare kental dengan ikonik Kota Cinta Habibie Ainun.

“Inspirasi itu yang membuat Parepare banyak mengukir prestasi selama sembilan tahun, delapan bulan saya memimpin kota ini. Tidak hanya penghargaan Kota Sehat, Parepare juga mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak hingga kesetaraan gender,” katanya.

Taufan menjelaskam, satu demi satu inovasi dan terobosan SKPD-SKPD Parepare yang turut mendukung penyelenggaraan Kota Sehat.

Sementara, Tim verifikator yang terdiri dari Direktorat Kesling dan P2P Kemenkes mengapresiasi presentasi Taufan Pawe dan kesiapan Parepare dalam penyelenggaraan Kota Sehat. Sebelumnya juga telah dilakukan bedah dokumen oleh 28 kementerian/lembaga terkait, yang semakin menguatkan Parepare menuju Wistara kelima.

“Selamat kepada Parepare yang sudah sampai pada verifikasi lanjutan ini. Apresiasi kami berikan kepada Bapak Wali Kota, Tim Pembina Kota Sehat, semoga Parepare dapat mempertahankan Wistara kelima kalinya,” puji tim verifikator.

Sekadar diketahui, Tim Pembina Kota Sehat Parepare terdiri dari SKPD antara lain Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, beberapa instansi teknis lainnya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan