Tim Dosen UNM Lakukan Pendampingan Teknologi MMH dan Website Bagi Pelaku UMKM Peternakan Ayam

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Tim Dosesn Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM  peternakan ayam broiler di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Jumat, 25 Agustus 2023.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan penerapan teknologi bagi para pelaku UMKM Peternakan ayam broiler sehingga dapat meningkatkan keterampilan , peningkatan jumlah omset , dan peningkatan jumlah aset. 

Tim yang diketuai oleh Retyana Wahrini, S.Pd., M.Pd. dengan anggota Reski Febyanti Rauf, S.Tp., M.Si dan Ninik Rahayu Ashadi, S.Pd., M.Pd. melatih langsung mitra yang merupakan UMKM Peternakan Ayam di Kelurahan Lompoe. Para pelaku UMKM Peternakan ayam dilatih dalam merawat, memperbaiki komponen alat jika terjadi kerusakan serta melatih dalam menggunakan alat bantu Manual Material Handling (MMH) berupa sebuah tempat pakan ayam menggunakan rell yang berfungsi meringankan pekerjaan dalam pemberian pakan dan mempermudah pengangkutan ayam broiler saat panen.

Pelatihan juga diisi pemberian pemahaman kepada para pelaku UMKM Peternakan ayam dalam mengoperasikan website serta penggunaan media sosial sebagai upaya peningkatan omset penjualan. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa yaitu Fahira Aiko Khairani dan Ibnu Qayyum Abdullah.

“Tujuannya memberi wawasan kepada peternak ayam broiler sehingga permasalahan yang terjadi dari segi produksi dan pemasaran dapat diselesaikan dengan inovasi yang dibuat oleh pengabdi berupa alat Manual Material Handling (MMH) untuk meringankan pekerjaan dalam memberikan pakan dan mempermudah pengangkutan ayam broiler saat panen dan website untuk memperluas pasar penjualan ayam broiler yang akan meningkatkan omset penjualan,” kata Retyana.(*)

  • Bagikan