Wali Kota Dorong OPD Percepat Serapan Anggaran

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mendorong OPD agar penyerapan anggaran pada pelaksanaan kegiatan pembangunan dipercepat. Hal ini dilakukan agar capaian kinerja fisik pembangunan dengan realisasi anggaran berbanding lurus. Apalagi, masih ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang realisasi keuangannya pada triwulan II masih rendah.

Itu ditegaskan Wali Kota Taufan Pawe dalam Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan Triwulan II Tahun Anggaran 2023, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare pada Rabu, 2 Agustus 2023.

"Ada beberapa SKPD tersendat. Fisik menonjol, tapi serapan anggaran rendah," katanya.

Wali Kota pun mengungkapkan, ada banyak rekanan mumpuni yang memakai dulu modalnya untuk melakukan kegiatan pembangunan, padahal mestinya dana di daerah cepat digulirkan. Karena jika uang beredar di masyarakat, roda perekonomian bergerak, ekonomi akan tumbuh. "Karena itu saya tantang pengguna anggaran untuk lari sprint, percepat realisasi keuangan," harapnya.

Wali Kota pun meminta penjelasan satu per satu kepala OPD yang realisasi keuangannya masih rendah tentang apa kendalanya.

"Ambil langkah-langkah responsif memantau progres kegiatan, agar realisasi fisik dan serapan anggaran berbanding lurus. Dijaga dan dipush serapan anggaran," katanya.

Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun dalam Monev Triwulan II melaporkan, bahwa capaian kinerja pelaksanaan kegiatan/sub kegiatan pembangunan triwulan II per 30 Juni 2023 mencapai 51,57%, dan per 31 Juli
2023 telah meningkat menjadi 55,31%. "Capaian ini lebih tinggi dibanding tahun 2022 yang sebesar 48,31%," katanya.

Untuk realisasi keuangan per 30 Juni 2023 masih cukup rendah sebesar Rp342,62 miliar atau hanya 36,25% dari total belanja. Kemudian per 31 Juli 2023 meningkat menjadi Rp360,15 miliar atau 38,62%.

"Realisasi ini masih lebih baik jika dibanding tahun 2022 yang pada triwulan II realisasinya hanya Rp252,95 miliar atau hanya 27,40% dari total belanja," tandasnya. (*)

  • Bagikan