183 Kebakaran Terjadi di Parepare hingga Pertengahan September, 23 Kebakaran Rumah

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare mencatat sebanyak 183 kasus kebakaran yang ditangani hingga September 2023 ini,

Itu didominasi 160 kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sedangkan kebakaran rumah tercatat ada 23 kasus.

"Sampai dengan per tanggal 14 September 2023, kami telah menangani 160 titik kasus kebakaran hutan dan lahan. Kemudian untuk kebakaran rumah yang ditangani mulai dari Januari 2023 hingga tanggal 13 September 2023, ada 23 kasus," beber Kepala Seksi Pemeliharaan Peralatan Damkar Kota Parepare, Fransiscus, Kamis, 14 September 2023.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, dan diharapkan tidak melakukan pembakaran lahan dan tidak membuang puntung rokok disembarang tempat. Terlebih, memperhatikan listrik dan kompor sebelum meninggalkan rumah.

"Harapan kami kepada warga Parepare untuk berhati-hati, khususnya kepada penanganan listrik di rumah, pada saat meninggalkan rumah, memeriksa listrik dan kompornya. Khusus masyarakat yang mempunyai lahan untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Yang merokok, jangan buang puntung rokok sembarangan. Pokoknya harus tetap waspada," jelasnya.

Apalagi kata dia, Parepare saat ini, dilanda angin kencang dan terik matahari, sehingga layanan Call Centre 112 Terpadu, meliputi tim gabungan OPD, meliputi Damkar, BPBD, Call Centre 112 Dinas Kesehatan, DLH, dan PAM Tirta Karajae terus siaga.

Menurutnya, Call Centre 112 Terpadu ini, dibentuk Wali Kota Parepare, Taufan Pawe dalam penanganan bencana.

"Sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota, terkait dengan penangan bencana. Karena bencana ini, bukan hanya kebakaran saja, ada bencana lainya. Inilah yang membuat Bapak Wali Kota membentuk Call Centre 112 Terpadu," katanya.

Di sini, kita terintegrigasi semua SKPD. Ada Pemadam, BPBD, Call Centre 112. Dan khusus untuk pemadaman kebakaran, itu kita terkoneksi langsung dengan PAM Tirta dan DLH, ini yang akan membackup kami, khususnya suplai air dalam penanganan kebakaran. Ini kerja-kerja terintegrasi yang diharapkan Bapak Wali Kota," pungkasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan