Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Ajak Masyarakat Jalan Sehat

  • Bagikan

BOGOR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Selain mengonsumsi makanan bergizi, terdapat beberapa hal lain yang dapat diterapkan untuk memulai pola hidup sehat. Salah satunya dengan rutin beraktivitas fisik, seperti jalan kaki di pagi dan sore hari.

Meskipun termasuk dalam olah raga ringan, manfaat jalan kaki bagi kesehatan tak boleh disepelekan begitu saja. Jalan sehat dapat meningkatkan proses matabolisme serta pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan kadar lemak berlebih dan mengontrol berat badan.

Jalan kaki sendiri merupakan olah raga yang sangat digemari oleh semua kalangan baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Sekarang banyak terbentuk komunitas.

Begitu juga yang dilakukan staf Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertahanan (Unhan) yang secara rutin menggelar jalan sehat setiap Jumat. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, juga mengajak masyarakat luas untuk menggiatkan jalan sehat dalam rangka menjaga kesehatan tubuh.

Meski terkesan sederhana, kebiasaan sering jalan kaki atau jalan sehat menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stress hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada banyak manfaat jalan sehat yang bisa diperoleh jika rutin melakukannya. Yakni menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, meningkatkan kekuatan tulang dan otot kaki, menjaga daya tahan tubuh, mengurangi stres, membantu sistem pencernaan dan memelihara kesehatan sendi.

Menurut penelitian 2009 dalam European Journal Epidemiology, berjalan kaki yang dilakukan kurang lebih selama 30 menit dalam 5 kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 19 %. (*)

  • Bagikan