Deretan Bumbu Jepang Halal, Bikin Masakan Jadi Autentik

  • Bagikan

Saat mencari bumbu Jepang halal menjadi persoalan yang tidak mudah. Meskipun hanya berfungsi sebagai tambahan bahan masak seperti bumbu. 

Namun, ada hal penting yang tidak boleh terlewatkan yaitu kehalalannya. Karena jika bumbu Jepang sudah terjamin kehalalannya maka sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi. 

Bumbu Jepang ini tidak lepas dari masakan yang sudah sering banyak dikonsumsi oleh banyak orang seperti sashimi, sushi, teriyaki, hingga nasi kari pun selalu menggunakan bumbu yang satu ini. 

Kesadaran akan penggunaan bumbu Jepang salah satunya yaitu mirin halal sudah sejak lama di sadari oleh para produsen bahan makanan. 

Sehingga kamu bisa memasak makanan Jepang di rumah tappi dengan rasa yang autentik baik itu dengan mirin halal atau bumbu Jepang lainnya. 

Dibawah ini adalah beberapa bumbu Jepang Halal yang sudah tercantum dalam LPPOM MUI berikut ini. 

  1. Mirin atau Saus Manis

Bumbu Jepang halal yang pertama adalah mirin atau biasa dikenal dengan saus manis. Mirin merupakan salah satu bumbu utama dalam masakan Jepang. 

Halal atau tidaknya mirin ini dapat diukur dari tingkat kandungan alkohol di dalamnya. Tetapi jangan khawatir, karena kini ada merek mirin halal yaitu Kikkoman.

Kikkoman menjual mirin halal MUI yang sudah dipasarkan dengan nama Saus Manis Khas Jepang. Nah, saus ini sudah banyak digunakan untuk berbagai campuran saus ataupun bisa juga untuk ditambahkan ke nasi sushi. 

Produk mirin halal dari merek Kikkoman ini dapat ditemukan dengan mudah di toko online seperti Blibli dan juga di supermarket. 

Untuk kemasannya pun tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari kemasan sachet, botol, hingga jerigen. 

  1. Shoyu Halal

Shoyu atau kecap asin tidak bisa dilewatkan dalam setiap masakan Jepang. Jadi, penting untuk mengetahui halal atau tidaknya shoyu yang akan digunakan. 

Shoyu halal kini sudah tersedia. Shoyu halal MUI di Indonesia yaitu yang dikeluarkan oleh Kikkoman Akufood Indonesia. 

  1. Miso

Siapa yang tidak kenal dengan miso. Miso atau pasta kedelai yang satu ini merupakan hasil fermentasi, sehingga berhubungan dengan adanya kandungan alkohol di dalamnya. 

Sama seperti shoyu halal, miso halal juga mengantongi sertifikat halal MUI karena kandungan alkoholnya sudah memenuhi syarat yang ditentukan, sehingga halal dikonsumsi oleh Muslim. 

  1. Saus Teriyaki

Bahan masakan seperti salmon, ayam, hingga daging sapi akan terasa enak jika dimasak dengan saus teriyaki. Saus teriyaki biasanya sudah banyak dipasaran dengan berbagai merek. 

Tidak seperti saus teriyaki asli Jepang yang selalu mengandung alkohol, saus teriyaki berlabel halal MUI pun kini sudah banyak ditemui dan aman dikonsumsi oleh Muslim. 

  1. Saus Tartar

Biasanya bahan utama masakan yang menggunakan saus tartar seperti ayam nanban, salad, sampai cocolan ebi furai. Suas tartar ini membuat makanan Jepang semakin lezat karena teksturnya yang creamy.

Selain membeli saus tartar yang sudah berlabel halal MUI, kamu juga bisa loh untuk membuat saus tartar di rumah. 

Caranya adalah campurkan mayones, bawang Bombay cincang, air perasan lemon, dan peterseli cincang. Pastikan mayones yang digunakan juga sudah halal ya. 

Itulah beberapa bumbu jepang yang halal. Dengan memasak makanan Jepang, apalagi menggunakan mirin halal dan bumbu Jepang halal lainnya bisa mengobati kerinduan akan suasana di Negeri Sakura itu. 

Makanan halal di Jepang, dan kesibukan kotanya akan menjadi kenangan yang dirindukan oleh setiap orang yang pernah ke Jepang. 

  • Bagikan