Dishub Parepare Optimis Capaian PAD Parkir Tahun Ini Meningkat

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Perhubungan Kota Parepare terus mengoptimalkan kinerja dan tetap optimis untuk dapat mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2023 pada sektor perparkiran.

Itu diungkapkan, Kepala UPTD Pengelola Perparkiran dan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare, Aryun Handayana, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa 12 September 2023.

Aryun menguraikan, target yang dibebankan untuk PAD perparkiran 2023 berada pada kisaran Rp. 1,850 Miliar. Tetapi biasanya, capaian optimal pengelolaan retribusi parkir di Kota Parepare hanya mampu berada pada nominal kisaran Rp. 900 jutaan. Sehingga, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat meraih target Rp. 900 juta itu.

"Sebenarnya, PAD perparkiran saat ini boleh saya katakan bahwa ada kenaikan dibanding dari tahun sebelumnya. Tetapi, yang namanya PAD itu pasti sudah stak pada angka kurang lebih hampir Rp. 900 jutan. Jadi, saya tetap optimis untuk capaian PAD 2023 ini mendekati angka 50% dari target yang sekitar Rp. 900 jutaan itu,"katanya.

Ia menambahkan, ditahun sebelumnya 2022, target untuk PAD perparkiran tetap sama dengan tahun 2023 sekarang. Tetapi, tahun 2022 lalu ia mampu mencapai 47% dari target yang ditetapkan. Atau pihaknya berhasil mengumpukan anggaran asli  daerah sebanyak Rp. 870 jutaan dari pendapatan retribusi perparkiran selama setahun.

Sehingga, lanjutnya, untuk tahun 2023 ini. Pihaknya akan melakukan sebaik-baiknya upaya agar mampu mencapai 50% dari target atau diakhir tahun nanti dapat meraih PAD perparkiran 2023 Rp. 900 juta untuk Parepare.

Salah satu upaya yang mereka lakukan ialah, dengan mendotrin para jukir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar sejalan dengan pendapatan. Artinya, jika pelayanan jukir baik dan memuaskan masyarakat maka pendapatan juga akan baik dan lancar sesuai yang ditargetkan.

"Kami akan selalu berupaya semaksimal mungkin agar target perparkiran ditahun ini benar-benar mampu kami raih. Tentu kuncinya ada pada pelayanan dan pendapatan. Selain itu, kami juga rutin untuk melakukan evaluasi tarif parkir. Insyaa Allah kami optimis bisa meraih target PAD," tandasnya (hes)

  • Bagikan