Hatta, Husni Syam dan dr Renny Menguat Diusulkan Calon Pj Wali Kota Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare telah menerima nama-nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota yang diajukan enam fraksi.

Dari lima nama yang masuk, ada tiga nama yang menguat dan dominan akan diusulkan oleh DPRD Parepare ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Yakni Muhammad Hatta yang kini menjabat Direktur Peralatan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, dan dua pejabat di Lingkup Pemkot Parepare, HM Husni Syam (Kepala Inspektorat Kota Parepare/Pj Sekda Parepare) dan dr Renny Anggraeny Sari yang kini menjabat Direktur RSUD Andi Makkasau Kota Parepare.

Usulan enam fraksi yang diterima pimpinan dewan teleh dibahas dalam rapat pimpinan bersama ketua-ketua fraksi di Gedung DPRD Parepare pada Sabtu, 2 September 2023.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir didampingi Wakil Ketua DPRD, Tasming Hamid dan Rahmat Sjamsu Alam. Hadir ketua-ketua fraksi.

Usai rapat, Wakil Ketua II DPRD Kota Parepare, Rahmat Sjamsu Alam mengatakan, penentuan pengusulan tiga nama calon Pj Wali Kota Parepare ini, sesuai dengan kesepakatan bersama, saat menggelar rapat pimpinan membahas mekanisme pengusulan calon Pj Wali Kota Parepare, dengan perwakilan partai dan fraksi pada Senin, 18 Agustus 2023, lalu.

“Ada beberapa kesepakatan diawal rapat itu, tentang pengusulan nama calon Pj Wali Kota Parepare. Itu minimal tiga nama satu fraksi. Batas penyetoran usulan itu, paling lambat 31 Agustus, atau paling lambat 1 September 2023, setelah itu tidak diterima lagi,” katanya.

Karena itu, kata Rahmat Sjamsu Alam, atas hal tersebut, pihaknya kembali mengundang ketua fraksi untuk menggelar rapat bersama, dengan melihat usulan nama calon Pj Wali Kota Parepare yang masuk.

"Kita sudah buka amplop usulan dari setiap fraksi soal nama calon Pj Wali Kota Parepare, ada lima nama yang diusullkan dari enam fraksi,” jelasnya.

“Dari lima nama itu, fraksi sepakat mengusul hanya tiga nama. Tadi, kita sudah hitung bersama pimpinan, dan yang dominan diusulkan ada tiga nama. Yakni, Muhammad Hatta, Husni Syam, dan dr Renny Anggraeny Sari,” sambung Rahmat Sjamsu Alam.

Dia menjelaskan, tiga nama inilah yang disepakati, dan pada Selasa, 5 September 2023, akan dibawah ke rapat paripurna untuk diplenokan.

“Setelah kita paripurnakan pada Selasa 5 September 2023. Maka, besoknya kami akan langsung mengirim ke Kementerian Dalam Negeri,” tandasnya. (has)

  • Bagikan