Bangun Tata Kelola Pemerintahan Dengan Baik, Bupati Barru Diganjar Penghargaan Dari IPDN

  • Bagikan

JAWA BARAT, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si Menerima Penganugrahan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan di Balairung Jend. Rudini Kampus IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat (03-04/10/2023).

Prosesi Penganugerahan diberikan langsung oleh rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, M.M.

Pemberian penghargaan ini oleh IPDN sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 80 Tahun 2022 tentang Statuta IPDN. Dimana pada statuta tersebut disebutkan bahwa IPDN dapat memberikan penghargaan kepada seseorang termasuk kepala daerah atas prestasinya dalam memajukan pemerintahan dan berkontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN. 

Berdasarkan penilaian tim, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si dianggap telah mampu membawa perubahan dalam tata kelola pemerintahan di daerah. Suardi saleh juga dipandang berani dalam mengambil suatu kebijakan untuk memperbaiki tata kelola dan pelayanan publik. 

Selain itu, Bupati Barru dengan jargon bupati tanpa sekat juga dianggap telah memberikan kontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN.

Dalam sambutannya setelah memberikan penghargaan, Rektor IPDN Hadi Prabowo menjelaskan bahwa anugerah ini diberikan setelah melalui proses penilaian secara ketat oleh tim internal IPDN. Salah satu indikator penilaian yang digunakan yaitu kepala daerah yang bersangkutan dianggap berhasil dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik, serta berhasil dalam aspek pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan kemasyarakatan. 

Sementara itu, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada lembaga IPDN yang sudah memberikan penghargaan ini. Baginya, penghargaan ini sebagai sebuah tantangan tersendiri untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai Bupati kedepannya. 

"Dengan penghargaan ini, tentu menjadi tantangan bagi saya untuk terus berinovasi dan berupaya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan mutu pelayanan publik kita di Kabupaten Barru, dan kita tidak melihat dia alumni IPDN atau bukan tapi kompetensinya. Saya akui alumni IPDN sangat kompeten dan juga merupakan ujung tombak Pemerintahan di kabupaten Barru" ungkapnya.

Selain Bupati Barru ada 2 kepala daerah yang menerima penghargaan yang sama yaitu Pj. Gubernur Provinsi Papua Tengah dan Bupati Raja Ampat. (*)

  • Bagikan