Pangerang Rahim Imbau Seluruh Elemen Jaga Kebersihan Pantai

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Laut telah memberikan banyak manfaat bagi manusia. Sekarang adalah saatnya bertugas mengembalikan kesehatan laut, mengelola dengan bijak serta mengkonversi atas keanekaragaman laut, yang dapat memberikan manfaat bagi generasi saat ini, tanpa mengesampingkan kebutuhan generasi masa mendatang.

Itu diungkapkan Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim saat membuka Apel Gerakan Bersih Pantai tahun 2023 di Taman Mattirotasi, Jumat, 6 Oktober 2023.

Kegiatan itu dihadiri oleh Penjabat Sekda Kota Parepare, para kepala SKPD Kota Parepare, lurah dan camat se Kota Parepare, Kapolres Parepare, Dandim 1405 Parepare dan sejumlah warga.

Pangerang Rahim mengajak untuk menjaga potensi laut sesuai dengan pakem-pakem ekologi. Iya meyakini dengan menjaga ekologi laut maka ekonominya akan meningkat.

“Sampah yang tidak dikelola dengan baik, telah menjadi ancaman bagi laut dan pasti akan berdampak terhadap kita. Sehingga produktivitas perairan laut dapat menurun dan mengganggu jejaring makanan, yang akhirnya dapat menimbulkan masalah pada kesehatan manusia,” jelasnya.

Karena itu, Pangerang Rahim mengungkapkan untuk meningkatkan kesehatan laut dan mengurangi keberadaan sampah di laut, sebaiknya melibatkan para nelayan, karena nelayan yang merasakan langsung Pantai bersih,” jelasnya.

Dia berharap dengan Gerakan Bersih Pantai tersebut membuat lingkungan sekitar dan masyarakat yang berlibur di Pantai Mattirotasi terasa lebih nyaman karena kondisi pantai yang lebih bersih.

“Saya harapkan seluruh masyarakat bisa membersihkan laut dan pantai agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan. Seluruh elemen masyarakat harus melakukan pengendalian pencemaran, terutama mengurangi sampah plastik yang semakin banyak di lautan. Semakin banyak sampah plastik di laut, maka semakin besar ancaman kelestarian ekosistem laut,” tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan