Pangerang Rahim Pimpin Gerakan Bersih Pantai

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Laut telah memberikan banyak manfaat bagi manusia. Sekarang adalah saatnya bertugas mengembalikan kesehatan laut, mengelola dengan bijak serta mengkonversi atas keanekaragaman laut, yang dapat memberikan manfaat bagi generasi saat ini, tanpa mengesampingkan kebutuhan generasi masa mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim saat membuka Apel Gerakan Bersih Pantai di Taman Mattirotasi, Jumat, 6 Oktober 2023.

Kegiatan diawali dengan apel gabungan yang dipimpin Wakil Wali Kota Pangerang Rahim. Dihadiri Penjabat Sekda Kota Parepare, para kepala SKPD, lurah, camat serta ASN se-Kota Parepare. Turut pula hadir, Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis berserta jajarannya, Dandim 1405/Parepare, Letkol Inf Hastiar Hatta bersama jajaran, instansi vertikal, BUMD, serta BUMN, kelompok organisasi pemuda, dan ratusan masyarakat Parepare.

Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya Pemkot dalam menyatukan seluruh elemen, termasuk masyarakat untuk bersama-sama dan bahu-membahu dalam menjaga kebersihan pantai, lingkungan taman, jalanan dan seluruh sudut kota agar terjaganya kota cinta yang selalu indah dipandang mata.

"Apalagi, daerah kita ini Alhamdulillah diberikan pengakuan dan penghargaan piala Adipura atas konsentrasinya menjaga kebersihan dan menata kota. Jadi itu, perlu kita hargai apresiasi yang diberikan untuk Parepare, dengan cara kolaborasi bersama dan jaga kota ini,"katanya.

Dia menyebutkan, kegiatan itu juga, menjadi pemantik kesadaran masyarakat, betapa pentingnya lingkungan yang bersih. Sebab besar pengaruhnya untuk kesehatan diri dan keluarga khusunya.

"Karena kebersihan dan kesehatan, merupkan perpaduan penting dalam menyongsong kemajuan daerah juga kesuksesan masyarakatnya," katanya.

Dia berharap, aksi kolaborasi tersebut, dapat menitip manfaat sehingga melahirkan efek sadar dibenak masyarakat tentang indahnya menjaga kebersihan lingkungan dan rukunnya saling mengingatkan.

"Semoga dengan hal ini, masyarakat khusunya seluruh yang hadir dapat menjadikannya sebagai kebiasaan untuk tetap dan akan terus menjaga lingkungn kota cinta agar selalu indah," tandasnya.

Salah seorang warga, Tina mengaku, kegiatan kolaborasi itu, menjadikan mereka lebih bersemangat dan bergairah untuk menjaga pantai  maupun membersihkan lingkungan. Menurutnya, dengan gotong royong tersebut, masyarakat dapat terbantu, juga lebih memudahkan upaya untuk bersama-sama menjaga lingkungan Parepare.

"Kita tahu sendiri, beberapa pantai Parepare, cukup tercemari dengan sampah-sampah. Kadang saya berfikir ingin membersihkan langsung, tapi kalau sendiri susah juga, dengan jumlah sampah yang banyak. Sehingga, dengan kolaborasi bersama pemerintah, TNI dan Polri tadi, lebih memudahkan karena saling kerja sama," tandasnya. (hes)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan