Pemkab Pinrang Menyiapkan Lahan Untuk Program Gerakan Tanam Pisang

  • Bagikan
Tanaman Pisang

PINRANG,PAREPOS.FAJAR.CO.ID--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang mulai menjalankan program Gerakan Gemar Menanam Pisang yang dicanangkan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin belum lama ini.

Sebagai langkah awal, Pemkab Pinrang menyiapkan lahan seluas 10 Hektar di Desa Marannu Kecamatan Mattiro Bulu,sebagai lokasi pencanangan salah satu program prioritas Pj.Gubernur tersebut.

Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Holtikultura Pangan Andi Calo Kerrang mengatakan, lokasi di Desa Marannu itu merupakan lahan milik warga yang dikelolah melalui kelompok tani.

Lokasi itu dinamakan karena kampung pisang. Rencananya setelah berjalan sukses, gerakan tanam pisang akan disebar di 12 kecamatan yang ada di Pinrang.

"Ini tahap awal,kami akan menyiapkan lahan di setiap kecamatan "kata Andi Calo yang saat ini juga menjabat sebagai Pj.Sekda Pemkab Pinrang, Kamis 5 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, dalam proses pengadaan bibit, pengembangan hingga pemasarannya dilakukan oleh pemerintah provinsi yang bekerjasama dengan PT. Great Giant Pineapple (GGP).

Dengan program itu,ia berharap menekan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diketahui sejak 2022 gerakan tanam pisang sudah dijalankan Pemkab Pinrang. Sementara Dinas Ketahan Pangan dan Holtikultura sudah membina 38 kelompok tani budi daya pisang.(*)

  • Bagikan