Wali Kota Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota, Minggu, 1 Oktober 2023.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe bertindak selaku inspektur upacara (Irup). Turut
hadir jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK, pimpinan SKPD serta ASN di lingkup Pemkot Parepare.

Wali Kota mengingatkan kepada seluruh peserta upacara agar senantiasa memupuk rasa persatuan
dan kekompakan.

"Karena kami hidup rukun tentram dan tidak terlepas dari ideologi berangsa dan bernegara. Kita paham, kita sebagai abdi negara, abdi pemerintahan pelayan masyarakat, semuanya itu dieratkan dengan Ideologi Pancasila. Jangan dianggap remeh, eksistensi dan Kesaktian Pancasila ini, sudah teruji, dan kita semua berkomitmen bahwa TNI/Polri, semua jajaran, komponen masyarakat tanpa terkecuali untuk memegang teguh ideologi dalam berbangsa dan bernegara," jelas Taufan Pawe.

Wali Kota menjelaskan, Pancasila merupakan tuntunan semua pihak untuk hidup mandiri menuju kebersamaan mensejahterakan bangsa ini, secara khusus bangsa dan masyarakat Kota Parepare.

"Kita tentunya mengetahui semua kebersamaan kita, kurang lebih 10 tahun, kurang dari satu bulan. Tetap kita berkomitmen bahwa dalam mengembangkan hidup dan kemaslahatan Kota Parepare ini. Kita harus selalu berdampingan dengan segenap TNI/Polri dan jajarannya, segenap tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kerukunan umat beragama di Parepare ini, tidak perlu diragukan eksistensinya," jelasnya.

Wali Kota pun berpesan untuk semua pihak dapat selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan ini dalam membangun Parepare sebagai Kota Cinta BJ Habibie Ainun.

"Olehnya itu, karena ini adalah merupakan hari terakhir saya memimpin, memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Saya ingin berpesan dan menaruh harapan, sekaligus amanah jaga kekompakan kita ini, demi kota yang kita cintai. Kota ini adalah kota yang menjunjung tinggi kebersamaan, kota ini adalah kota kita semua. Kita membangun dan membangun kota ini dengan komitmen. Komitmen itu adalah bagian dari cinta. Kota Cinta BJ Habibie Ainun," ucapnya.

"Pada akhirnya, kepada jajaran saya, pejabat-pejabat struktural dan fungsional sadarilah bahwa kita sudah berbuat yang terbaik, walaupun mungkin di luar sana masih ada yang kurang puas dengan keahlian kita, dengan pengabdian kita. Tapi kita harus tegar, karena kita punya Ideologi Pancasila. Lima sila dalam Pancasila itu, adalah merupakan pegangan teguh kita dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan bernegara," sambungnya.

Wali Kota berharap pemerintah dan masyarakat Parepare harus menjadi bagian dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Saya atas nama Wali Kota Parepare, dan menyampaikan, semoga kehidupan kita di Parepare terjaga dengan utuh, terjaga dengan erat, dan pada akhirnya menjadi kota yang mandiri.," tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan