DPRD dan Pemkot akan Sepakati APBD Parepare 2024, Proyek Fisik Dikurangi

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus menggodok kegiatan dan program kerja yang akan dijalankan pada 2024 mendatang.

Rancangan APBD Pokok 2024 pun terus dibahas ditingkat Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Parepare. Rencananya, angggaran proyek fisik pada APBD 2024 dikurangi.

Artinya, anggaran fisik yang sebelumnya dialokasikan untuk proyek pembangunan infrastruktur telah dialihkan untuk memperkuat sektor-sektor yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

DPRD Kota Parepare kembali melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi tentang Ranperda APBD 2024. Sekaligus dilanjutkan dengan paripuran dengan agenda jawaban wali kota atas pandangan umum fraksi-fraksi. Paripuran itu, berlangsung di Gedung DPRD Kota Parepare, Selasa, 21 November 2023.

Dalam pandangan umum fraksi, enam fraksi di DPRD menyatakan setuju ranperda APBD untuk dibahas pada tingkat selanjutnya. Ketua DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir memimpin paripurna itu.

Usai paripurna, Ketua DPRD Kaharuddin Kadir yang dihubungi mengatakan, rancangan APBD di 2024 mendatang berfokus kepada kesejahteraan masyarakat.

Dikarenakan untuk APBD 2024, prosentase belanja langsung dan tidak langsung porsinya tidak sebanyak tahun lalu. Karena Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali di tahun depan berfokus kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Prinsipnya kalau fisik di Parepare sudah cukup pembangunan yang dilakukan wali kota sebelumnya. Sehingga, penekananya di 2024 untuk kesejahteraan hidup masyarakat," ungkap Kaharuddin Kadir.

Dia menjelaskan, DPRD bersama Pemkot telah menggelar rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi terhadap ranperda APBD tahun 2024. Termasuk mendengar jawaban wali kota atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap ranperda APBD tahun 2024 dan rapat banggar.

Kaharuddin mengungkapkan, rencananya APBD pokok 2024 akan disetujui bersama pada tanggal 28 November 2023. "Lima hari ini, kita intens cermati ranperda APBD ini. Kamis, Sabtu hingga Minggu, dan hari Senin pekan penyelesaiannya. Kita mau menyelesaikan semuau tanggal 27. Dan tanggal 28 kita sudah bisa ketuk palu," jelasnya.

Menurutnya, banyak hal yang perlu dicermati dalam pembahasan ranperda APBD 2024. "Banyak yang harus kita cermati, setelah banggar ke komisi, ke banggar lalu finalisi. Eksekutif juga telah memberikan banyak informasi kalau ada perubahan, sehingga mempermudah kita. Sekira infomrmasi dari tim anggaran pemerintah daerah akan mempelancar untuk menyelesaikan pembahasan ranperda APBD ini," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan