Turun Sawah di Desa Nepo, Bupati Barru Minta Penyuluh Proaktif Dampingi Petani

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Barru Ir H Suardi Saleh M.Si menghadiri acara mappalili tingkat desa Nepo musim tanam 2023/2024 dan musim tanam 2024 di kantor Desa Nepo, selasa 14 November 2023.

Sebelum acara dimulai didahului dengan ritual pembacaan doa sebagai rangkaian ritual adat mappalili.

Bupati Barru dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunci sukses dalam pertanian ialah konsisten dalam mengawal hasil kesepakatan dari mappalili.

"Kalau sekarang kunci sukses dalam pertanian kita konsisten untuk mengawal hasil dari mappalili ini. Salah satu kunci keberhasilan pertanian adalah kita menjaga apa yang disepakati dalam mappalili itu penting sekali " Tegasnya.

Bupati Barru menyampaikan bahwasanya ada beberapa yang harus disepakati dalam mappalili.
" Hal yang perlu disepakati dalam mappalili ialah kapan turun sawah, benih unggul apa yang kita manfaatkan, sepakat kita kapan hambur, sepakat pupuk apa, pengganggu tanaman apa yang harus kita waspadai, kita perlu konsisten karena ini begitu penting".ujar mantan kepala Bappeda Pinrang.

Bupati Barru juga menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca saat ini dimana telah masuk Musim Elnino cuaca tidak menentu, cuaca pancaroba jadi harus tetap waspada.

Bupati Barru juga meminta kepada Penyuluh untuk aktif mendampingi petani, aktif memberikan penyuluhan aktif memberikan informasi. Karena bisa jadi ada kesempatan yang mau diubah karena cuaca yang tidak menentu. Untuk itu tim penyuluhan harus aktif betul memberikan bimbingan, pendamping penyuluhan kepada petani.

Ia juga menghimbau kepada petani untuk mengikuti apa yang diarahkan oleh Tim penyuluhan, karena satu bentuk kebahagiaan penyuluh ketika hasil panen petani berhasil.

Sementara itu Kepala Desa Nepo dalam laporannya menyebutkan bahwa kami dari pihak desa sangat mensupport adanya kegiatan adat seperti ini yang terus kita lakukan terus menjadi pemersatu, penyemangat kita bersama dalam mengawali kegiatan kemasyarakatan.

Kepala desa Nepo menyampaikan bahwa turun sawah pada hari selasa 14 November 2023, penaburan benih atau tabela 22 Desember 2023, perkiraan panen pekan kedua bulan april paling lambat akhir bulan April.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan,Kepala Dinas Pertanian, Inspektur Kab.Barru, Danramil 1405/05 Mallusetasi,Kapolsek Mallusetasi, Pimpinan Cabang BRI,Sekcam Mallusetasi,para penyuluh pertanian,tokoh masyarakat dan para petani. (mad)

  • Bagikan