Buka Festival UMKM, Pj Wali Kota Akbar Ali: Jadikan Parepare sebagai Pusat Festival

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS -- Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali secara resmi membuka Festival UMKM yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disnakerkop dan UKM) berkolaborasi HIMPI berlangsung meriah, di Lapangan Andi Makkasau, Kamis, 28 Desember 2023, malam.

Berdasarkan pantaun, pengunjung memadati lokasi tersebut, bahkan sebelum pembukaan di mulai.

Kedatangan mereka sejak awal menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap festival ini.

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali mengatakan, festival UMKM ini merupakan hal yang positif, karena pemerintah dan pelaku UMKM berkolaborasi dalam memajukan ekonomi.

Dalam kesempatan itu juga, Akbar Ali menyebutkan, pengangguran terbuka di Kota Parepare, 5,36 persen dari 125.000 jiwa penduduk. Maka dari itu, dengan adanya Festival UMKM ini juga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Parepare.

"Kami berharap masyarakat Parepare dapat memanfaatkan momen seperti ini. Begitu pula kalau ada pelatihan yang digelar pemerintah, masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik," katanya

Dia menjelaskan, Festival UMKM tersebut, merupakan bukti Pemkot Parepare dalam meningkatkan perputaran uang. Termasuk, meningkatkan ekonomi bagi masyarakat Parepare.

"Apa yang kita lakukan ini, adalah bukti nyata dari pemerintah dalam berkolaborasi dengan UMKM. Kalau perlu festival ini dilakukan setiap bulan atau setiap minggu agar perputaran ekonomi terus berjalan tidak stagnan," jelasnya.

Dia berharap Parepare dapat dijadikan kota festival. Sehingga, Parepare memiliki keunikan.

"Kita kota jasa, kita tidak punya tambang, tambak, sawah yang luas. Hanya kota jasa. Salah satunya kita kembangkan UMKM.

Dia mengakui, Parepare adalah kota strategis yang punya banyak potensi untuk dikembangkan dan memiliki letak geografis yang menjadi daya tarik investor masuk.

"Kita ketahui, investasi kurang berminat masuk di Parepare. Apalagi Parepare adalah kota strategis dan dinamis dan sangat terbuka. Karena itu, kita mendorong investor masuk di Parepare. Bahkan, dengan menggelar Festival UMKM dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," tandasnya. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan