Event Akhir Tahun, Disnaker Kolaborasi BPC HIPMI Gelar Festival UMKM di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Festival UMKM 2023 akan hadir menemani masyarakat Parepare di penghujung tahun ini. Festival UMKM terselenggara atas kolaborasi Pemkot Parepare melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM berkolaborasi dengan BPC HIPMI Kota Parepare.

Acara itu akan berlangsung selama empat hari, Kamis-Minggu, 28-31 Desember 2023 di Lapangan Andi Makkasau. Event ini, sebagai upaya nyata memperkuat ekonomi lokal. Termasuk, mendorong pertumbuhan dan kreativitas pengusaha lokal, termasuk memberikan dorongan signifikan bagi pelaku UMKM di Parepare.

Ada beberapa Konsep yang dihadirkan dalam Festival UMKM 2023, diantaranya Expo UMKM, Music Performance, Creative Talk, Seminar Digital Marketing, Barista Competition, Zumba Party, Make Up Artist Competition, dan games menarik.

Kepala Disnaker, Koperasi dan UKM Kota Parepare Basuki Busrah yang didampingi Pengurus BPC HIPMI Andi Haswan Saddade di Media Cafe Parepos, Jumat, 22 Desember 2023, mengatakan Festival UMKM ini dapat menjadi multiplier effect dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Parepare. Termasuk memberikan dampak positif bagi UMKM lokal.

Menurutnya, ini bakal berlangsung selama empat hari mulai Kamis hingga Minggu, 28-31 Desember 2023. Ada 60 tenant yang disiapkan oleh Disnaker dan BPC HIPMI Parepare pada kegiatan tersebut.

"Selama empat hari itu, kita hadirkan kurang lebih 60 tenant yang diusahakan oleh Dinas Tenaga Kerja melalui anggaran bantuan provinsi sebanyak 30 tenant. 30 tenant ini, kita peruntukan secara gratis kepada UMKM yang kita anggap perlu dibantu," katanya.

Dia menjelaskan, Festival UMKM 2023 ini akan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Yakni, Expo UMKM, festival music, creative talk, lomba barista, zumba party, dan make up artist competition by yang berlangsung di Lapangan Andi Makkasau.

"Kegiatan ini juga kita kombinasikan dengan hiburan, ada musik lokal. Kita sangat berharap semua yang hadir di kegiatan ini dapat mendorong ekonomi lokal di Parepare, " jelasnya.

Dia mengungkapkan, pada kegiatan itu juga akan digelar Seminar digital marketing yang bakal digelar di Auditorium Bj Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Jumat 29 Desember 2023.

"Seminar tersebut, akan dihadiri oleh 400 orang peserta baik dalam dunia akademisi, dan UMKM. Pada seminar ini juga kita menghadirkan beberapa narasumber yang sukses dalam mengelola usahanya," jelasnya.

Dia pun menjelaskan, Expo UMKM tersebut digelar berkat dukungan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali. "Apa yang kita lakukan ini, diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat," ujarnya.

Senada disampaikan, Pengurus BPC HIPMI Andi Haswan Saddade mengatakan, Festival UMKM ini merupakan kegiatan bersama untuk masyarakat Parepare. "Festival UMKM ini, kita harapkan dapat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat Parepare," tandasnya. (has-nan)

Editor: PARE POS
  • Bagikan