Refleksi Akhir Tahun, Imigrasi Parepare Torehkan Dua Penghargaan di Tahun 2023

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Kota Parepare menggelar refleksi akhir tahun. Kegiatan itu, sebagai momen untuk mengevaluasi pencapaian dan kinerja tahun 2023 yang berlangsung di Aula Kantor Imigrasi Kota Parepare, Jalan Jendral Sudirman, Kamis, 21 Desember 2023.

Turut hadir, perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sulawesi Selatan (Sulsel). Lalu hadir pula Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II TPI Parepare, Anggoro Widjanarko, dan Kepala Seksi (Kasi) Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ikrar serta Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Noer Putra Bahagia.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanim Kelas II TPI Parepare, Anggoro Widjanarko memaparkan pencapaian kinerja Imigrasi sepanjang tahun 2023 yang mengalami surplus dalam capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Menurutnya, Kanim TPI Kota Parepare menargetkan PNBP di tahun 2023 sebesar Rp4.447.900.000. Namun, realisasinya melampaui dari target sebesar Rp11.204.160.836 atau surplus Rp6.756.260.836. "Realisasi sudah terpenuhi, dan bahkan melebihi target. Apa yang kami targetkan di tahun ini, akan kami pertahankan di tahun depan. Termasuk, dalam penyerapan anggaran," katanya.

Dia menjelaskan, Imigrasi Kelas II TPI Parepare juga berhasil mendapatkan penghargaan capaian IKPA terbaik periode semester 1 Tahun Anggaran 2023. Dan, berhasil mendapatkan penghargaan predikat unit kerja pelayanan publik berbasis HAM tahun 2023.

"Prestasi yang kami dapatkan di tahun 2023 akan kami pertahankan. Bahkan, kami akan terus berinovasi dalam membuat inovasi baru. Termasuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat," jelasnya.

Dia mengungkapkan, selama tahun 2023, pihaknya telah melakukan berbagai penindakan permohonan., di antaranya, penindakan permohonan paspor hilang sebanyak 554, paspor rusak 108, pendetensian 3, deportasi 3 dan pencekalan 3.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga gencar melakukan berbagai sosialisasi di tahun 2023, yakni rapat koordinasi pelayanan penerbitan paspor bagi calon jemaah haji (CJH), urus paspor mudah dengan aplikasi M-paspor, dan Imigrasi menyapa buat paspor mudah dengan Aplikasi M-Paspor.

"Kami juga memberikan kebijakan kepada lanjut usia atau lansia dengan melayani atau membantu jika kesusahan mengurus paspor melalui M-paspor," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan