Teknik Elektro UMPAR Gelar Pelatihan Robotika Bagi Peserta Didik SMKN 3 Pinrang

  • Bagikan
Mahasiswa PSTE-UMPAR foto bersama usai menggelar PkM bagi peserta didik di UPT SMK Negeri Pinrang, Selasa, 6 Februari 2024. (hasruddin/parepos)

PINRANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Parepare (PSTE-UMPAR) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi peserta didik di UPT SMK Negeri Pinrang, Selasa, 6 Februari 2024.

Salah satunya, dengan mengenalkan teknologi robotika dan pelatihan mikrokontroler kepada peserta didik. Hal ini sejalan dengan tagline PSTE-UMPAR yaitu Elevate Technology with Us.

Hadir pada kegiatan itu, Tim PkM PSTE-UMPAR, terdiri dari Ashadi Amir, Jabbar, Muhammad Basri, A Irmayani Pawelloi, dan Alauddin dengan melibatkan Laboratorium Teknik Elektro dan Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro.

Pada PkM itu, peserta didik diberikan materi terkait dengan pengenalan teknologi robotika. Selain itu, mereka juga diberi pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar mikrokontroler mulai dari pengenalan perangkat keras hingga pemrograman mikrokontroler.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa aplikasi sederhana dipraktikkan peserta didik, mulai dari menyalakan dan mengendalikan LED sampai dengan menggunakan LCD.

Tampak peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dengan bimbingan dari Tim Dosen yang didampingi oleh Mahasiswa.

Ketua Tim Pengabdian Program Studi Teknik Elektro UMPAR Ashadi Amir mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sarana untuk mengenalkan teknologi pada bidang teknik elektro dan mempromosikan Teknik Elektro UMPAR kepada peserta didik SMK.

"Melalui kegiatan ini Program Teknik Elektro UMPAR, dapat memperkenalkan Program Studi Teknik Elektro UMPAR kepada Masyarakat khususnya siswa SMK," kata Ketua Program Studi Teknik Elektro UMPAR.

Selain itu, kata dia kegiatan ini mendukung salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yaitu Dosen berkegiatan di Luar Kampus.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam penggunaan teknologi," ujarnya.

Dia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di Wilayah Ajatappareng
"Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk sekolah-sekolah kejuruan lainnya yang ada di sekitaran Ajatappareng. Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dan komitmen Dosen-Dosen UMPAR khususnya Dosen Teknik Elektro untuk pengembangan pendidikan di bidang Teknologi," tandasnya.(has)

  • Bagikan