Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2025, Pemkot Parepare Dorong Perekonomian dan Kesejahteraan Inklusif

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar pembukaan forum konsultasi publik rancangan awal (Ranwal) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kota Parepare tahun 2025.

Kegiatan itu, mengusung tema "Penguatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Inklusif serta Peningkatan Sumber Daya Manusia Unggul dan Berdaya Saing".

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) HM Husni Syam membuka kegiatan itu, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Senin, 4 Maret 2024.

Pj Wali Kota mengatakan, penyelenggaraan konsultasi publik ini dapat memperoleh masukan dan saran dari seluruh peserta untuk penyempurnaan rancangan awal, yang selanjutnya akan diserahkan kepada seluruh SKPD sebagai bahan penyusunan rancangan RKPD.

Dia menjelaskan, forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kota Parepare tahun 2025 ini merupakan wadah untuk mendiskusikan isu-isu strategis dan permasalahan serta prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan.

"Ini merupakan menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya, termasuk generasi-generasi muda di perguruan tinggi" katanya.

Dia menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun RKPD, dikarenakan menjadi acuan utama untuk penyusunan kebijakan dan program pembangunan serta penyusunan anggaran tahun 2025.

"Maka dari itu, acara konsultasi publik sangat diperlukan sebagai media untuk berdiskusi dan menyusun rencana aksi konkret atas sebuah dokumen perencanaan pembangunan daerah," katanya.

Dia berharap forum ini dapat menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam
rangka penyempurnaan rancangan awal dokumen RKPD tahun 2025, sehingga dapat diimplenmentasi dengan baik.

"Yang paling penting yakni berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan Parepare menuju kota
tujuan investasi," ungkapnya.

Kepala Bappeda Kota Parepare Zulkarnaen Nasrun menyampaikan, rancangan awal RKPD Kota Parepare tahun 2025 ini merupakan forum konsultasi publik.

"Tujuannya untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal dokumen RKPD tahun 2025," tandasnya. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan