Begini Cara Mendapatkan Tiket Mudik Gratis ke Bontang

  • Bagikan
Humas KSOP Parepare Eko Prayetno

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pemerintah menyiapkan fasilitas mudik gratis pasca libur lebaran 2024. Termasuk mudik gratis melalui Pelabuhan Nusantara Parepare.

Mudik gratis ini masih bisa dimanfaatkan masyarakat yang akan ke Kalimantan melalui Pelabuhan Nusantara Parepare pada Jumat, 19 April 2024, nanti.

"Mudik gratis ke Bontang memakai KM Egon (Pelni) pada tanggal 19 april 2024," kata Humas KSOP Parepare, Eko Prayetno, Rabu, 17 April 2024, malam.

Eko mengatakan, mudik gratis dengan KM Egon menyiapkan kuota sebanyak 400 penumpang. "Caranya langsung saja ke Pelni dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Kuota 400 orang," kata Eko.

Eko mengatakan, selain langsung ke Pelni, masyarakat juga bisa mendapatkan tiket gratis mudik ini dengan menghubungi KSOP Parepare.

"Kalau ada kendala atau tidak sempat ke Pelni, hubungi KSOP. Bisa juga melalui link https://linktr.ee/MutisLebaran2024Kemenhub," kata Eko.

Program Mudik Gratis yang disiapkan pemerintah dimanfaatkan masyarakat di Pelabuhan Nusantara Parepare. Pelepasan penumpang mudik gratis telah berlangsung bertahap, mulai tanggal, 14, 16 dan 17 April 2024. Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2024 bertemakan "Mudik Ceria Penuh Makna".

Saat pelepasan penumpang yang menggunakan program tersebut, dihadiri langsung Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali, Kepala KSOP Parepare Shaiful Horry, GM Pelindo Parepare Sardi, Kepala Cabang PT Pelni Parepare Slamet Hari Santoso dan jajaran terkait Pemerintah Kota Parepare, serta stakeholder kepelabuhanan.

Pada kesempatan itu, Kepala KSOP Parepare Shaiful Horry mengatakan, program Mudik
Gratis Kemenhub Tahun 2024 bertemakan "Mudik Ceria Penuh Makna".

" Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memberikan pelayanan transportasi laut yang
aman, nyaman, tertib, lancar dan terjangkau. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada masa libur
lebaran tahun 2024 (1445 H) mengadakan program mudik gratis menggunakan kapal dari berbagai
pelabuhan embarkasi/pemberangkatan di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Dia menyebutkan, program Mudik Gratis berdasarkan surat Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Nomor AL. 104/1/14/DA-2024 tanggal 15 Maret 2024 tentang kegiatan tiket gratis penumpang kapal laut masa Angkutan Lebaran 2024.

"KSOP Parepare bersama dengan operator PT PELNI dan PT Dharma Lautan Utama mengadakan mudik
gratis menggunakan kapal laut dengan empat tahap keberangkatan. Yakni KM Dharma Kartika IX dengan rute Parepare–Balikpapan pada tanggal 14 April dengan kuota 330 pax; KM. Dharma Kartika IX dengan rute Parepare–Balikpapan pada tanggal 16 April 2024 dengan kuota 200 pax; KM Lambelu dengan rute Parepare–Balikpapan pada tanggal 17 April 2024 dengan kuota 300 pax; dan KM. Egon dengan rute Parepare–Bontang pada tanggal 19 April 2024 dengan kuota 400 pax," jelasnya.

Dia menyebutkan, pendafatarn mudik gratis ini bisa melalui online. Tapi jangan sampai, niat maksud dari pemerintah memberikan mudik gratis ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Makanya, salah satunya harus bisa secara online. Namun untuk pengambilan ticketing di ambil sendiri dengan membawa kartu keluarga dan KTP. Itu salah satu filter pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya. (nan-has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan