SDN 237 Aletellu Peringati Hardiknas 2024, Bagikan Buah manggis kepada Siswa

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- UPTD SPF SDN 237 Aletellue, DesabMattabulu, Kecamatan Lalabata, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan melakukan upacara bendera di halaman sekolah, Kamis, 2 Mei 2024.

Kepala UPTD SPF SDN 237 Aletellue, Muhlis S.Pd mengatakan, pada peringatan Hardiknas tahun ini dengan tema, Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar, seluruh tenaga pendidik dan siswa-siswi memakai baju adat sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengenang pahlawan pendidikan Ki Hadjar Dewantara, dengan semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangungkarso, Tut Wuri Handayani. Artinya didepan memberi teladan, ditengah memberi bimbingan, dibelakang memberi dorongan.

"Hal itulah yang dipraktekkan pihak SDN 237 Aletellue dengan memberikan buah manggis kepada siswa-siswi setelah pelaksanaan upacara bendera," ungkapnya.

Muhlis menjelaskan, buah manggis ini diberikan kepada para siswa-siswi karena bermanfaat bagi kesehatan, utamanya mengandung vitamin C, mengatasi peradangan sendi ataupun membantu pencernaan karena serat dalam manggis membantu memperbaiki pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

Kata dia, namun yang penting juga setelah dimakan, para siswa-siswi dianjurkan untuk kembali memanfaatkan bijinya untuk ditanam di sebuah wadah bekas aqua gelas air mineral, yang sudah diisi dengan tanah, terang Muhlis.

Hal ini dilakukan mencoba membudidayakan menjadi bibit tanaman manggis, karena wilayah Desa Mattabulu yang berada di daerah pegunungan yang diyakini cocok dengan tanaman manggis.

Muhlis berharap, semoga momentum ini menjadi kado tersendiri pada Hardiknas tahun ini. Semangat dan kerja keras dalam menuntut ilmu akan mencerahkan masa depan bangsa.

"Marilah kita bersyukur atas kesempatan belajar dan berkomitmen untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa," pungkasnya. (wis)

  • Bagikan