Dapat Rekomendasi, TQ Berpotensi Diusung Partai Demokrat di Pilkada Parepare 

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Bakal Calon Wali Kota Parepare Taqyuddin Djabbar (TQ) berpotensi akan diusung Partai Demokrat di Pilkada. Itu setelah TQ menerima rekomendasi yang dikeluarkan Partai Demokrat Sulsel. 

Sekedar informasi, DPD Partai Demokrat menerbitkan surat tugas kepada bakal calon kandidat Pilkada untuk 6 daerah. Ada yang sudah berpaket, ada yang masih tunggal.

Mereka yang mendapatkan rekomendasi tersebut, selain Taqyuddin Djabbar di Parepare, juga ada Darmawangsyah Muin-Risma Yanti Kadir Nyampa untuk Pilkada Gowa, Andi Rosman-Baso Rahmanuddin di Wajo. Chaidir Syam-Suhartina Buhari di Maros, Ady Ansar di Kepulauan Selayar, dan Muhammad Dhevy Bijak di Luwu.

“Jadi ada tiga yang sudah berpasangan dan tiga yang belum ada pasangan. Termasuk Dhevy Bijak yang diberi rekomendasi sebagai bakal calon wakil bupati Luwu,” kata Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah, Senin, 10 Juni 2024.

Dia mengungkapkan,  surat tugas diterbitkan dengan merujuk hasil survei. Mereka dianggap memiliki survei yang cukup bagus dari kandidat lain.

"Kita berharap rekomendasi ini sebagai modal awal untuk meyakinkan partai lain untuk mengusung calon di Pilkada," ujarnya. 

Kendati Demokrat telah menerbitkan surat tugas, namun ada syarat yang harus dipenuhi bagi yang memegangnya. Yakni, segera mencukupkan partai koalisi, dan menentukan pendamping bagi yang belum memiliki pasangan dan hasil survei yang bagus.

“Syarat ini harus dipenuhi paling lambat sampai 9 Juli 2024. Karena kita akan bawa ke DPP agar dikeluarkan rekomendasi usungan model B1-KWK,” tegasnya. 

Dia menekankan, jika rekomendasi tersebut tidak dapat dipenuhi. Maka Partai Demokrat akan mengalihkan rekomendasi tersebut ke kandidat lain.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan kembali mengeluarkan rekomendasi kepada John Diplomasi untuk Pilkada Tana Toraja dan Selle Ks Dalle-Suwardi Haseng untuk Pilkada Soppeng.

“Kita akan kembali mengeluarkan rekomendasi tahap kedua kepada dua kader Demokrat yaitu, Selle dan John Diplomasi, mungkin juga bersamaan dengan daerah lain,” katanya. (*)

Sementara itu, Bakal  Calon Wali Kota Parepare Taqyuddin Djabbar (TQ) mengatakan, partai politik mengeluarkan surat tugas, melalui survei dan yakin, jika kandidat yang menerima rekomendasi surat tugas tersebut, adalah yang terbaik. 

"Ini amanah yang diberikan Partai Demokrat pada kami," kata Ketua IKA Unhas Parepare ini.

Terkait hal itu, Ketua Ikatan Kerukunan Masyarakat Sidrap tersebut mengaku sangat optimis, dirinya mampu mencukupkan partai koalisi, mencari pasangan yang tepat, serta lebih meningkatkan survei yang semakin bagus, berdasarkan tenggang yang dipersyaratkan Partai Demokrat.

"Saya sangat optimis, karena inilah yang selama ini kita ihtiarkan dan kita lakukan, yakni kerja-kerja yang dibutuhkan masyarakat Parepare. Sosialisasi akan lebih kita intenskan, memanfaatkan waktu yang masih tersisa satu bulan" jelasnya.

TQ  imenambahkan, dirinya juga yakin, partai-partai juga berjuang melalui koridor partai politik, utamanya dalam menentukan figur yang bisa membawa Parepare lebih baik ke depan.

"Dan perjuangan ada keterkaitan antara kerja-kerja dan motivasi saya selama ini, untuk menjadi kandidat dan Insya Allah menjadi walikota Parepare, dengan mewakafkan fikiran, pengetahuan, pemahaman dan tenaga untuk kesejahteraan masyarakat Parepare,"

TQ yang dikenal dengan slogan Era Baru tersebut, juga yakin, partai politik yang menjadi instrumen penting dalam melahirkan kekuasaan, memiliki motivasi yang sama seperti dirinya, untuk mensejahterakan masyarakat Parepare.

Sekadar diketahui TQ menjadi satu-satunya kandidat bakal calon wali kota Parepare yang berkomitmen terhadap penguatan UMKM. Mantan Ketua PMI Parepare dua priode ini, juga dianggap memiliki kapasitas, kemampuan, dan pengalaman yang mumpuni dalam memimpin Parepare lima tahun ke depan, dengan pengalaman empiris dan organisasi selama puluhan tahun terkait perekonomian, yang dimilikinya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan