ITH Gelar Ujian OnlineSiap, Terima Calon Mahasiswa Secara Nasional

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare siap melaksanakan Ujian Online yang membuka peluang bagi calon mahasiswa baru (Maba) seluruh Indonesia untuk bergabung di perguruan tinggi negeri itu.

Pendaftaran untuk Ujian Online mulai dibuka 15 Juli 2022, dan ditutup 22 Juli 2022. Ujian Online akan berlangsung pada 25 Juli 2022.

Hal ini diungkap Ketua Panitia UTBK dan Ujian Online ITH, Dr Eng Armin Lawi yang dihubungi Jumat, 15 Juli 2022.

"Ujian Online dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa melalui internet sehingga kesempatan terbuka seluas-luasnya. Warga Ajatappareng dapat saja mendaftar jika belum berkesempatan ikut UTBK Mandiri yang lalu," ungkap Armin yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik ITH.

Armin mengemukakan, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Mandiri pekan lalu, salah satu tujuannya untuk menunjukkan kesiapan pengelola ITH dalam menyelenggarakan pendidikan di Kampus I ITH, Jalan Balai Kota Parepare.

"Seluruh infrastruktur, sistem, aplikasi dan perlengkapan UTBK lainnya secara mandiri kami yang siapkan dengan pelaksanaan yang berbeda dengan UTBK lainnya. Harapan kami tidak lain untuk mengurangi keragu-raguan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat Ajatappareng akan kesiapan kami menyelenggarakan perkuliahan perdana pada 22 Agustus nanti," terang Armin.

Sedangkan Ujian Online salah satu tujuannya untuk menunjukkan bahwa ITH siap secara nasional. Armin menekankan, tidak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mampu dan berani melaksanakan Ujian Online secara terbuka yang memanfaatkan teknologi terkini.

Sebelumnya, dalam UTBK yang berlangsung dua hari, 11-12 Juli 2022 di Kampus I ITH, diikuti 300 peserta yang didominasi dari Ajatappareng, yakni Parepare, Sidrap, Pinrang, Enrekang, dan Barru.

ITH juga membuka pendaftaran melalui jalur Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK) dan Penghafal Al-Qur'an atau Hafiz. Hasilnya, pendaftar jalur POSK yang lolos administrasi dokumen 17 orang, dan pendaftar jalur Hafiz 7 orang.

Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan pada 29 Juli 2022. Setelah itu tahap verifikasi mulai 29 Juli 2022 sampai dengan 5 Agustus. Kemudian pendaftaran ulang mulai 29 Juli 2022 sampai dengan 12 Agustus 2022.

Pada penerimaan perdana tahun akademik 2022-2023, ITH membuka tiga Program Studi (Prodi) masing-masing Matematika, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Informasi bisa diperoleh melalui link https: //pmb.ith.ac.id.

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITH nantinya terbagi dalam empat kategori. Masing-masing UKT 1 mulai nol rupiah sampai Rp500 ribu. UKT 2 Rp501.000 sampai Rp1 juta. UKT 3 Rp1.001.000 sampai Rp2 juta. Dan UKT 4 Rp2.001.000 sampai Rp3 juta. (anj)

  • Bagikan

Exit mobile version