Umrah, Perjalanan Spiritual yang  Menyejukkan

  • Bagikan

Oleh Dr. Ahdar, M.Pd.I

(Ketua Progran Studi Tadris IPS IAIN Parepare)

Memasuki bulan Rajab dan Syaban sekarang ini ummat muslim berbondong-bondong menuju tanah haram untuk menjalankan  ibadah Umrah sebagai momentum menhadapi Ramadhan karim yang Insya Allah jatuh pada bulan April tahun ini. Yang nantinya juga akan lebih banyak yang melaksanakn  iabadah umrah di bulan Karim. Karena,  Ibadah Umrah adalah salah cara mendekat lebih dekat diri dengan sang Pencipta,

Nah, apakah pernah mendegar istilah “Haji kecil” itulah nama lain dari ibadah umrah, sama hal dengan 2 perayaan besar,  idul fitri dan idul adha, idhul fitri disebut al idul asgar dan idul adha di sebut al idul akbar karena di dalam idul adha ada yang di kenal dengan istilah al Hajjul akbar (haji )  dan alhajju asqar (ibadah Umrah) . tentu antara haji dan umrah terdapt perbedaan baik dari cara pelaksanaannya maupun waktu pelaksanaanya.seperti wukuf di Arafah, bermalam di mina dan di muzdalifah serta melontar jumrah kesemua dari rangkaian ibadah ini tdk di lakukan pada saat umrah.

Meski umrah tidak termasuk rukun Islam, tidak berarti bahwa ibadah umrah tidak sama penting dengan ibadah haji. Malah keduanya sama-sama memeliki posisi yang strategis Dimana Allah dan manusia atau konstruk social

 Umrah merupakan  perjalanan spiritual yang menyejukkan, ?bukan ? tentu jawaban iya, bagi yang pernah melaksnakan ibaah umrah pasti akan selalu merindukan suasana ibadah depan baitullah yang begitu menyejukkan.  

Umrah menurut bahasa berkunjung (Ziyaroh), sedangkan menurut syara’ adalah berkunjung ke Baitullah (Ka'bah) untuk melaksanakan ibadah ihram  di Miqat, Thowaf, Sai dan bercukur. Umrah merupakan ibadah yang tidak wajib namun sangat dianjurkan dalam Islam dan dapat dilaksanakan kapan saja.

Terlepas dari kesibukan duniawi, Umrah menjadi salah satu perjalanan spiritual yang menyejukkan karena diri untuk lebih berfokus menjalankan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dalam melaksanakan  amalan-amalan saat umrah yang penuh dengan nilai kesucian dan keberkahan untuk menjaga kualitas spiritual.

Maka perlu niat yang murni selama umrah, menjalankan ibadah dengan khusyuk, memahami segala ibadah yang dilaksanakan ketika umrah  konsentrasi dan memiliki pikiran yang  tenang dalam beribadah

Rasulullah Saw pernah bersabda bahwa "Umrah yang satu ke Umrah yang lain (pahalanya) sebagai penghapus dosa,  dan haji mabrur tiada balasan baginya melainkan surga” (HR. Muttafaq Alaih).

Pelaksanaan umrah sangat perlu memperbanyak doa-doa sekaligus peluang untuk memperbaiki diri yang selalu sibuk akan urusan dunia.  Kefokusan kita hanya benar-benar tertuju kepada  Allah Swt untuk memohon segala ampunan, memperbanyak pahala agar perjalanan umrah kita dapat menjadi penyejuk  spiritual yang nantinya dapat menjadi kebiasaan ketika kembali ke kampung halaman.

Selepas dari pahala diatas tentu harapan besar umat muslim setelah melaksanakan umrah adalah ;

1. Meningkatkan  kualitas ibadah, tentu setelah bercengkrama dengan Allah di Baitullah  dengan segala keluh kesah dunia, dan hanya menharap segalanya kepadaNya serta berpasrah akan selalu dosa dan noda selama ini, maka setelah balik dari ibadah tentu akan terus bertekat untuk dapat meningkatkan ibadah kita, sebelum Allah menyemput.

2. Meningkatkan kedisiplinan , ibadah umrah dengan rangkain kegiatan yang dilakukan harus di laksnakan dengan tertib dan dissiplin karena akan menjadi sebuah kebiasaan setelah atau selepas melaksnakan ibadah umrah.

3. Memunculkan sifat sabar dan ikhlas, 2 sifat ini harus dimiliki ketika sedang melaksanakan ibadah umrah karena kita telah di hadapakan dengan berbagai cobaan dan ujian selama berada di tanah haam

4. Melahirkan sifat solidaritas dan memunculakn sifat muhasabah diri, inilah tujuan utama dari yang utama di sebutkan diatas, tentu tujuan kita semua dalam menjalan ibadah umrah adalah untuk menjadikan diri sebagai hamba yang sempuna di mata sang Khalik Mari kita doakan semua saudara saudara kita yang melaksanakan tahun ini dan semoga yang telah melaksankan akan Kembali di berikan kemudahan, kesempatan dan reski untuk dapat kembaliberkunjung kesana. Amieny aa Rabbal Alamin.

  • Bagikan

Exit mobile version