BMKG Makassar Kembali Berikan Peringatan Cuaca Buruk

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Selatan kembali mengeleuarkan peringatan dini cuaca buruk mulai 18-20 Januari 2022 mendatang, yang dikeluarkan pada 17 Januari 2022.

Hal tersebut karena adanya potensi curah hujan yang cukup tinggi pada tiga hari mendatang, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat. Terdapat berbagai wilayah di Sulawesi Selatan yang masuk peringatan, diantaranya Kota Parepare, Soppeng, Barru, Pangkajenne dan Kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan kepupauan Selayar.

Staf Kedaruratan dan logistik, Erik menerangkan berdasarkan peringatan dari BMKG tersebut Badan Penanggilangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare tetap melakukan posko siaga 1 x 24 jam, dan memberikan himbauan kepada kelompok nelayan dan warga sekitar pesisir pantai, dan daerah pegunungan agar tetap waspada.

Ia menerangkan bukan hanya hujan lebat, pada peringatan dini cuaca buruk juga menyebutkan, ketinggian air laut di Kota Parepare mencapai 2.5 – 4.0 meter.

Sehingga semuanya diminta berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometrologi pada tiga hari kedepan, dampak berupa banjir,  tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan area tambak budidaya ikan.

“Posko siaga 1 x 24 jam, dan memberikan himbauan kepada kelompok nelayan atau warga di sekitar pesisir pantai, serta menyebar informasi perkiraan cuaca yg di keluarkan secara resmi oleh BMKG,” jelas Erik.(ana)

  • Bagikan