Pemkot Parepare Apresiasi Pertamina Gelar Eco Eduwisata Jompie

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- PT Pertamina Fuel Terminal Parepare bekerjasama dengan UPTD Kebun Raya Jompie mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare atas terselenggarakannya Eco Eduwisata sebagai wujud pengembangan Hutan Kota dan edukasi lingkungan kepada anak-anak.

Kegiatan Eco Eduwisata itu digelar di Kebun Raya Jompie, pada Sabtu, 5 November 2022 dengan menghadirkan ribuan siswa dari berbagai sekolah di Kota Parepare.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe dalam sambutannya yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Budi Rusdi mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Pertamina itu merupakan satu dari beberapa kegiatan yang mereka lakukan sebagai sinergitas bersama pemkot untuk memberi dampak positif kepada Kota Parepare dan generasinya.

Sehingga ia mengungkapkan bahwa Pemkot Parepare sungguh mengapresiasi atas kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat baik dan sangat penting untuk diikuti anak-anak kita agar mereka mendapat tambahan pengetahuan diluar dari jam pelajaran sekolah juga menambah wawasan terkait alam dan lingkungannya," ungkapnya.

Kemudian Kadis DLH itu juga mengukapkan, kegiatan Eco Eduwisata akan memberi pemahaman kepada para siswa tentang keanekaragaman hayati yang ada di kawasan hutan Kota Parepare ini sehingga nantinya mereka paham cara merawat tanaman dan lingkungan hidup.

"Saya berharap nantinya para anak-anak, generasi muda kita dapat menjadi agen-agen pelestari alam demi keberlangsungan hidup dimasa sekarang dan masa yang akan datang," tandasnya.

Sementara itu, Manajer Fuel PT. Pertamina TBBM Parepare Tony Kurniawan menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan sinergitas Pertamina bersama Pemkot Parepare terkait pengembangan Kebun Raya Jompie sebab baginya kebun raya Jompie merupakan satu diantara kebun raya indonesia yang didalamnya banyak tumbuhan langka yang wajib untuk dilestarikan juga banyak potensi yang mesti dikembangkan seperti potensi pengembangan ekonomi dan pengembangan pendidikan seperti Eco Eduwisata ini.

"Anak-anak sekolah sengaja kita undang datang disini dengan memperkenalkan keanekaragaman hayati yang ada dan belajar mengagumi alam yang menyenangkan," ujarnya.

Ia berharap, setiap upaya yang dilakukan untuk pengembangan kebun raya jompie itu, dapat dimanfaatkan dengan baik agar nantinya menjadi salah satu lokasi lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar dan menjadi wadah pemberian tambahan ilmu pengetahuan kepada anak-anak generasi masa depan yang cinta lingkungan. (Hes)

  • Bagikan