Tingkatkan Kemampuan Personel, Polres Majene Gelar Latihan Dalmas

  • Bagikan

Personel Satuan Samapta Polres Majene menggelar latihan Dalmas di halaman belakang Mapolres Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengendalian Massa (Dalmas) yang memiliki fungsi sebagai pengawal sekaligus pengamanan aksi unjuk rasa juga sebagai tindakan preventif kepolisian.

Untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengendalikan massa saat terjadi aksi demonstrasi, Polres Majene melalui satuan Samapta menggelar latihan Dalmas di halaman belakang Mapolres Majene, kemarin. 

Kasat Samapta Polres Majene Iptu Hammadia menjelaskan, latihan Dalmas sebagai langkah mempermantap kemampuan personel mengendalikan situasi yang rusuh saat terjadi aksi demonstrasi.

"Apalagi akhir-akhir ini, sejak diumumkannya penyesuaian kenaikan harga BBM, terus saja terjadi aksi demonstrasi yang perlu langkah lebih serius untuk menjaga situasi tetap kondusif," paparnya.

Inti kegiatan Dalmas, sambungnya, untuk merefresh kembali langkah-langkah pengendalian massa yang sebenarnya sudah dikuasai setiap anggota Polri agar lebih mantap lagi. 

"Para personel antusias, semangat dan fokus mengikuti latihan fisik, teori dasar sikap Dalmas lanjut sebagai sikap di tempat dengan menggunakan perlengkapan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas," terangnya.

Di tempat yang sama Kabag Ops Polres Majene AKP Suparman berharap, gelar latihan Dalmas dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar setiap personel siap menghadapi situasi di lapangan yang sebenarnya.

"Ikuti setiap tahapan latihan pengamanan aksi demonstrasi ini, termasuk saat massa masih tertib hingga saat terjadi kerusuhan, agar kemampuan kalian lebih terasah," pintanya. (edy) 

  • Bagikan