Wapres Ingatkan Pejabat Merangkap Ketua Parpol Tidak Mengabaikan Tugas Negara

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID--Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengingatkan para ketua umum partai politik yang menjabat di Kabinet Indonesia Maju tidak mengabaikan tugas masing-masing.

“Tentu yang kita harapkan karena dia (para ketua umum partai) adalah pejabat, sebaiknya jangan sampai kemudian tugasnya terabaikan, jangan sampai mengabaikan tugasnya,” kata Wapres Ma’ruf Amin di Bengkulu, Kamis 4 Mei 2023.

Ma'ruf menekankan agar mereka mesti dapat menempatkan diri dalam menjalankan tugas gandanya sebagai pejabat pemerintah maupun pimpinan partai politik.

Jika dilihat saat ini, para ketua Parpol disibukkan persiapan dan konsolidasi menjelang Pemilu dan Pilpres 2024. Terutama penjajakan koalisi Pilpres.

"Ya memang kalau pejabat yang kebetulan dia pimpinan parpol karena memang sekarang sudah tahun politik pasti akan sibuk, maka akan terlibat masalah politik dalam menghadapi pemilu, pilpres, dan pileg," ungkap Ma'ruf.

Seperti diketahui, ada empat ketua umum partai politik yang duduk di Kabinet Indonesia Maju maupun di tingkat pemerintahan pusat.

Mereka adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Kemudian Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan, serta Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan.

Selain itu, ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sudah mendapatkan tiket sebagai bakal calon presiden setelah diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan.(*)

  • Bagikan