Dosen Fakultas Ekonomi Unsulbar Tingkatkan Pengembangan Wisata Pattumea

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengadakan pelatihan pengembangan potensi wisata berbasis Community Based Tourism (CBT).

Pelatihan ini, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Betteng, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene.

"Desa Betteng memiliki wisata yang sangat indah dinamakan “Pattumea” dan perlu lebih dikembangkan," ungkap Dosen Sufyan Amirullah Ketua Pelaksana Pengabdian, kemarin.

Dijelaskan, pelatihan pengembangan potensi wisata berbasis CBT adalah merupakan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).

"Dalam pelatihan ini melibatkan beberapa orang dosen atau anggota, yakni Haeruddin Hafid, SE., MM dan Sri Amalia Edy, SE., M.Ak," sebutnya.

Pelatihan ini, lanjutnya, sudah dilaksanakan dan tujuannya untuk peningkatan pengelolaan wisata Pattumea supaya jumlah pengunjung juga lebih meningkat.

Dituturkan, dalam pelatihan ini tim dosen juga melibatkan beberapa mahasiswa dari Fakultas Ekonomi. "Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dianggap paling strategis dalam peningkatan pendapatan desa, sehingga perlu perhatian khusus dalam hal peningkatan potensi wisata yang dimiliki desa, juga dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di desa," urainya.

Ditambahkan, pelatihan pengembangan potensi wisata berbasis CBT, menghadirkan solusi dalam peningkatan pengelolaan wisata Pattumea, Desa Betteng, seperti keterlibatan langsung masyarakat mengelola serta pemanfaatan media sosial dalam memasarkan tempat wisata.

Tim Dosen Fakultas Ekonomi beserta mahasiswa berharap, melalui pelatihan pengembangan potensi wisata berbasis CBT dapat membawa dampak positif bagi masyarakat di Desa Betteng khususnya dalam mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. (edy)

  • Bagikan