Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat untuk Fotografer Pemula

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Lensa kamera merupakan benda yang sangat penting bagi seorang fotografer. Bagi Anda yang masih pemula di bidang ini, sebaiknya pilih lensa kamera dengan cermat.

Ada beberapa tips memilih lensa kamera yang bisa diterapkan agar tidak salah beli dan pada akhirnya menyesal karena lensa yang digunakan tidak sesuai ekspektasi.

Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat untuk Fotografer Pemula

Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan lensa kamera yang beredar di pasaran saat ini. Setiap fotografer juga pasti punya pertimbangan tersendiri dalam memilih lensa andalan mereka. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat memilih lensa kamera dengan kualitas terbaik:

1. Pahami Kebutuhan Pemakaian

Pertama-tama Anda harus memahami kebutuhan pemakaian agar bisa membeli lensa yang tepat. Jika Anda hanya membutuhkan kamera dengan pemakaian standar maka lensa 18-55mm dianggap lebih dari cukup. Lain lagi jika Anda lebih senang mengambil foto dengan objek alam atau landscape, lebih baik pilih lensa tele atau makro.

2. Cek Spesifikasi Lensa

Tentu saja Anda harus cermat memperhatikan spesifikasi lensa yang akan dibeli. Perhatikan baik-baik seperti apa spesifikasinya sehingga Anda bisa tahu apakah lensa tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Dalam hal ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan yaitu kualitas optik, aperture, dan jarak fokus.

3. Sesuaikan Tipe Lensa dengan Kamera

Tips berikutnya, pastikan Anda menyesuaikan tipe lensa yang akan dibeli dengan kamera yang digunakan. Setiap jenis kamera pasti membutuhkan tipe lensa yang berbeda. Itulah mengapa penting sekali untuk memahami jenis kamera yang Anda gunakan sehingga tahu lensa seperti apa yang paling cocok untuk dipakai.

4. Pilih Lensa dengan Aperture yang Lebar

Tips memilih lensa kamera berikutnya adalah perhatikan aperture yang dimiliki. Sebisa mungkin sangat direkomendasikan untuk memilih jenis lensa dengan aperture yang lebar. Semakin besar aperture-nya maka akan semakin banyak cahaya yang bisa masuk ke sensor kamera. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan foto yang bagus dengan lebih mudah.

5. Tentukan Lensa Zoom atau Lensa Fix

Anda juga perlu menentukan lensa yang ingin dibeli apakah lensa zoom atau lensa fix. Lensa fix lebih direkomendasikan untuk mengambil foto di dalam ruangan. Sementara itu lensa zoom lebih cocok untuk dipakai mengambil foto objek di luar ruangan. Tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda selama mengambil foto.

6. Perhitungkan Bujet

Sudah pasti Anda juga harus memperhitungkan bujet yang bisa dikeluarkan untuk membeli lensa kamera. Harga lensa kamera saat ini sangat bervariasi. Lebih dari itu modal yang harus dikeluarkan untuk menekuni dunia fotografi juga tidak murah. Jadi pastikan Anda membuat perhitungan bujet yang matang.

7. Pastikan Ada Garansi

Jangan lupa pastikan juga ada garansi pembelian lensa kamera yang Anda beli. Pilihlah produk lensa yang memiliki garansi sehingga Anda tidak akan rugi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan pemakaian. Garansi semacam ini pasti akan sangat membantu fotografer pemula yang masih merintis.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari lensa kamera untuk keperluan fotografi, langsung saja meluncur ke Bursa Kamera Profesional di Blibli. Di sana Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan lensa dari berbagai brand. Anda juga bisa menemukan berbagai perlengkapan fotografi berkualitas lainnya.

Belanja lewat platform e-commerce Blibli memang sangat praktis dan mudah. Anda bisa menerapkan beberapa tips memilih lensa kamera yang sudah disebutkan tadi saat berbelanja. Jangan lupa pakai juga beberapa promo menarik yang ditawarkan agar belanja lebih hemat. (*)

  • Bagikan