Muchtar Luthfi A Mutty Kunjungi Pelabuhan di Parepare, Ini Imbauanya

  • Bagikan

PAREPARE,PAREPOS.FAJAR.CO.ID–Komisaris Independen PT Pelindo, Dr Muchtar Luthfi A. Mutty, M.Si memantau kondisi Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Cappa Ujung dan Pelabuhan Rakyat (Pelra) Lontangge, di Kota Parepare. Kunjungan diluar agenda itu, sekaligus memantau rencana hadirnya pelabuhan peti kemas.

Dalam kunjungannya, mantan Bupati Luwu Utara dua periode dan juga Anggota DPR RI itu didampingi GM Pelindo Parepare, Sardi ST dan Ketua Pelra Lontangge, H Abd Rahim, Ahad 13 Februari 2022. Usai memantau lokasi tersebut, Muchtar Luthfi Mutty mengungkapkan, keterlibatan pemerintah kota (Pemkot) Parepare dalam pengembangan pelabuhan sangat perlu diperhatikan. “Pemerintah harus memperhatikan sektor-sektor yang bisa menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi. Salah satunya itu, untuk Kota Parepare adalah pelabuhan,”ujarnya.

Pemerintah melalui Wali Kota Parepare, kata mantan Ketua NasDem Sulsel, jika menjadikan pelabuhan sebagai lokomotif perlu menjemput bola. ” Jadi saat ini paradigma telah berubah, pemimpin daerah itu harus menjemput bola akan potensi yang dimiliki daerahnya. Maka pemerintah itu haruslah menjadi pelayan, bukan dilayani,”tegasnya.

Terkait akan hasil pantauannya, baik saat bertemu Bupati Barru dan melihat langsung kondisi di Pelabuhan Garongkong serta kondisi di Kota Parepare. Muchtar Luthfi mengaku akan menindaklanjuti kondisi tersebut dan menyampaikannya ke Komisari Utama (Komut) PT Pelindo. “Kami sebagai komisaris tentunya akan menyampaikan situasi yang kita lihat ke Komut, untuk selanjutnya disampikan ke Direksi selaku eksekutor,”jelasnya.

Ditambahkannya, terkait keberadaan Pelabuhan Garongkong setelah ada merger. Maka pelabuhan ini akan diarahkan kepelabuhan non peti kemas atau pelabuhan curah non pangan seperti batu bara, semen dan kelingker.

Sebelumnya, Ketua Pelabuhan Rakyat Lontangge, H Abd Rahim mengaku sangat bersyukur dengan kunjungan komisaris independen di Pelra Lontangge. ” Kami tadi mengusulkan agar melakukan penambahan dermaga. Dimana saat ini kita kekurangan, sehingga aktivitas tidak lancar,”singkat pria yang akrab disapa H Anda.(*/ade)

 

 

  • Bagikan