Puslabfor Polda Sulsel Identifikasi Kebakaran Kantor DPRD Polman

  • Bagikan

POLMAN,PARE POS.CO.ID,– Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Sulawesi Selatan melakukan identifikasi penyebab kebakaran Kantor DPRD Polewali Mandar (Polman). Kedatangan tim Puslabfor Polda Sulbar didampingi Tim Inafis Polres Polman, dengan menyisir dan melakukan identifikasi dilokasi kebakaran, Kamis 17 Februari 2022.

Kepala Bidang Puslabfor Polda Sulsel Kompol Inengah Tetet mengatakan, saat ini tim tengah melakukan identifikasi atau olah ditempat kejadian perkara untuk memastikan penyebab pasti kebakaran yang terjadi di ruangan Bagian Umum Kantor DPRD Polman.

“Dari hasil olah TKP,  kurang lebih 2 jam kita telah mengambil abu arangnya termasuk kelistrikanya. Nanti akan kami bawa ke Makassar untuk uji forensik, dan sampel abu arangnya kita menggunakan instrumen PCNS. Hasilnya itu paling lambat 2-3 minggu sudah dapat kita lihat, karena kasus di Makassar juga banyak,”ujar Kompol Inengah Tetet yang menjabat ketua tim.

Ia juga menyampaikan dari olah TKP ini pihaknya juga telah mengorek keterangan dari berbagai pegawai termasuk Kepala Bagian Umum dan Pegawai Satpol yang berjaga pada malam itu. “Untuk hasilnya kita tunggu saja uji forensiknya dari Makassar untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran itu,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum DPRD Polman, H Talibuddin mengatakan, Tim Puslabfor Polda Sulsel telah melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab pasti kebakaran ini. “Tim puslabfor mengorek keterangan dari kami, dan kami sampaikan sesuai dengan kejadian yang terjadi. Memang dalam musibah ini saya tidak berada ditempat dan nanti kebakaran baru kami disampaikan,”kata Talibuddin.

Ia mengaku dalam musibah kebakaran ini ada beberapa dokumen penting yang terbakar termasuk absen pegawai, data rumah tangga kedewanan dan juga beberapa alat elektronik seperti komputer, AC dan juga meja kerja pegawai kalau dihitung hitung kerugiannya itu mencapai Rp 100 juta lebih.

Untuk penyebab kebakaran, lanjutnya,  terjadi rembesan air dari atap dan mengenai colokan listrik sehingga terjadilah kebakaran. “Saat ini penyebab kebakaran masih dugaan arus pendek listrik yang konslet akibat terkena air, karena kalau hujan pasti air merembes dari atas,”ungkapnya.(win/B)

  • Bagikan