Erna Rasyid Taufan Ajak Ketua TP PKK Tolitoli Kunjungi Pusat Oleh-oleh Dekranasda Parepare, Kerajinan Kerang Jadi Incaran

  • Bagikan

PAREPARE,PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare, Hj Erna  Rasyid Taufan mengajak Ketua TP PKK Kabupaten Tolitoli, mengunjungi pusat oleh-oleh yang dikelola Dekranasda Parepare yang berpusat di Balai Ainun Habibie lantai satu, jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Jumat 4 Maret 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Toli-toli Sriyanti Amran pun terlihat memborong kerajinan yang ada di pusat oleh-oleh. Tidak mau kalah, rombongan Tolitoli, dari Bupati, Sekda, Ketua DPRD dan yang lainnya juga nampak memborong baju ataupun tas yang tertuliskan Bj Habibie.

Sriyanti Amran mengatakan, sangat terkesan dengan pusat kerajinan yang ada di Parepare. Apalagi kerajinan kerang yang ada, Ia menjelaskan Parepare dan Tolitoli memiliki kesamaan yakni memiliki potensi kerang yang banyak.

Namun kata dia, di Tolitoli masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan juga instruktur pelatih dalam pengolahan kerang yang belum ada.

“Jadi kita punya bahan tapi belum ada yang dapat  mengeksekusi. Jadi mungkin bisa instruktur dari sini, memberikan pelatihan kepada pengrajin kita disana,” tuturnya.

Memanggapi hal itu, Ketua Dekranasda Parepare, sangat merespon apabila mendapat panggilan dari PKK Kabupaten Tolitoli. Karena instruktur atau pengerajin kerang di Parepare adalah berasal dari Kecamatan Soreang, dan tinggal di sekitaran anjungan Cempae.

“Jadi instruktur disini dari Cempae, dia yang membuat hiasan lampu, dan yang lainnya dari kerang-kerang,” tuturnya. (ana/B)

  • Bagikan